Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Menghilangkan Noda di Pakaian Tanpa Mencucinya

Kompas.com - 20/08/2021, 10:02 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Noda yang tiba-tiba tumpah di permukaan pakaian adalah hal yang menjengkelkan. Terlebih ketika sedang berada di restoran, dan pakaian yang dikenakan terkena noda makanan atau noda lainnya.

Dalam kondisi seperti ini, mencuci pakaian biasa tidak akan bisa menyelesaikan masalah.

Akan tetapi, dilansir dari Insider, Jumat (20/8/2021) Anda bisa menghilangkan noda pada pakaian tanpa mencucinya dengan cara berikut ini.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Muntahan pada Pakaian dan Karpet

1. Hindari menekan noda

Ketika noda jatuh ke permukaan pakaian, zat pewarna membentuk ikatan kimia dengan kain. Untuk mencegah proses itu terjadi, ada dua cara untuk mencegah pengerasannya adalah dengan menjauhkan noda dari panas langsung seperti lampu atau air panas.

Kemudian, hindari memberi tekanan pada noda dengan menggosoknya kuat-kuat atau mencoba menyerap zat penyebab dengan menekan noda terlalu keras dengan serbet atau handuk.

2. Usap noda secara perlahan

Jika Anda perlu mengeluarkan sisa makanan atau cairan dari tempat yang bernoda, usap perlahan dengan serbet atau kain bersih.

Berhati-hatilah untuk tidak menggiling zat ke dalam kain dengan menyeka berulang kali, karena itu hanya akan membuat noda lebih sulit dihilangkan.

Baca juga: 4 Tips Menghilangkan Noda dan Bau Urine Hewan Peliharaan dari Karpet

3. Gunakan alkohol

Menggosok alkohol tampaknya merupakan cara yang murah dan mudah untuk menghilangkan noda pena dari pakaian Anda.

Anda mungkin tidak dilengkapi dengan alkohol setiap saat, jadi mencari kotak P3K adalah pilihan terbaik Anda dalam situasi ini. Jika Anda berada di tempat umum seperti restoran, bar, sekolah, atau pusat perbelanjaan, pasti ada di dekatnya.

Oleskan isopropil alkohol ke noda dan bersihkan dengan serbet atau kain bersih. Anda mungkin harus meletakkan handuk kertas di bawah kain untuk mencegah alkohol meresap. Anda akan melihat noda mulai larut segera.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com