Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/08/2021, 15:30 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Dodo

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika seekor kucing hendak membuang air besar, mereka akan menggaruk-garuk tanah untuk membuat lubang, lalu membuang fesesnya ke lubang tersebut, dan menguburnya.

Tentu hal ini, membuat beberapa pemilik kucing bertanya-tanya mengapa seekor kucing melakukan perilaku tersebut? Apakah ini adalah cara kucing untuk menjaga kebersihan? 

Baca juga: Alasan Mengapa Kucing Menyukai Hal yang Berbau

Dilansir dari The Dodo, Kamis (26/8/2021), konsultan perilaku dan pelatihan kucing bersertifikat dari Feline Behaviour Solutions, Marci K. Koski, mengatakan perilaku kucing yang menutupi fesesnya sendiri adalah sesuatu yang biasa dipelajari kucing sejak masih kecil dari induknya.

Diperkirakan alasan utama kucing membuang air besar ini didasarkan pada kelangsungan hidup kucing turun-temurun. Sebab, nenek moyang kucing sering menjadi mangsa dari hewan liar atau pemangsa yang lebih besar. 

Baca juga: Ragam Cara Mencegah Kucing Peliharaan Hamil

Karena itu, kucing menguburkan feses atau kotorannya sebagai upaya menghilangkan jejak dari pemangsa. Pada akhirnya, kebiasaan ini diikuti kucing lainnya hingga saat ini meski  beberapa kucing ada yang tidak menguburkan fesesnya.

Bahkan, kucing peliharaan tetap akan meniru perilaku naluriah ini walau mereka aman di rumah yang hangat dan penuh kasih. 

Baca juga: Simak, 5 Penyebab Kucing Bertingkah Hiperaktif

Namun, alasan satu ini mungkin bukan alasan kuat. Beberapa orang memiliki teori yang sedikit berbeda tentang mengapa kucing mengubur fesesnya.

Terkadang, beberapa kucing yang kurang percaya diri akan mengubur atau menutupi fesesnya. Hal ini juga dianggap sebagai sinyal bagi kucing lain di sekitarnya (atau rumah) bahwa mereka bukan ancaman. 

Baca juga: Cara Mengetahui Jenis Kelamin Kucing

“Saya pribadi berpikir bahwa mengubur kotoran lebih merupakan naluri untuk menghindari perhatian pemangsa, tetapi kucing juga dikenal sebagai hewan yang sangat bersih,” kata Koski.

Karena kucing memiliki hidung yang sensitif, feses yang tidak terkubur mungkin memberikan bau yang tidak menyenangkan bagi mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com