Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/08/2021, 12:57 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengetahui jenis kelamin dalam artian membedakan kucing jantan dan kucing betina tidak selalu mudah. Apalagi dalam hal membedakan jenis kelamin anak kucing.

Meskipun demikian, ada beberapa tanda dan perilaku yang bisa memudahkan Anda membedakan jenis kelamin kucing.

Dilansir dari The Spruce Pets, Senin (23/8/2021), berikut beberapa cara mengetahui jenis kelamin kucing yang dapat Anda lakukan.

Baca juga: Apakah Anjing dan Kucing Mengetahui Pemiliknya Sedang Marah?

Anak kucing yang baru lahir cenderung sulit untuk diketahui jenis kelaminnya. Akan tetapi, begitu mereka berusia enam atau delapan minggu, alat kelamin menjadi lebih jelas secara visual.

Meski kucing dianggap sebagai hewan yang lucu, namun beberapa orang memiliki ketakutan terhadap hewan berbulu ini.UNSPLASH/JEFRREY BUCHBINDER Meski kucing dianggap sebagai hewan yang lucu, namun beberapa orang memiliki ketakutan terhadap hewan berbulu ini.

Penis biasanya tidak terlihat pada kucing jantan, dan kecil kemungkinan pemiliknya dapat merasakan atau melihat skrotum. Jadi, tidak terlihatnya penis atau testis bukanlah indikasi bahwa anak kucing itu betina.

Sebagai aturan praktis, Anda dapat menggunakan cara sederhana ini untuk mengidentifikasi jenis kelamin kucing yang lebih muda atau kucing yang dikebiri.

Untuk melakukan ini, angkat ekor kucing dengan lembut. Mulailah dengan membelai dengan lembut dan cobalah menggaruk punggung bawah kucing karena ia dapat mengangkat ekornya secara otomatis saat dengkuran dimulai.

Baca juga: Kenali, 6 Penyebab Induk Kucing Tidak Mau Menyusui Anaknya

Ciri-ciri kucing betina

Saat melihat area genital kucing betina, ruang tepat di bawah ekornya, akan terlihat seperti tanda seru terbalik dengan celah panjang area vagina di bawah anus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com