Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Anjing dan Kucing Mengetahui Pemiliknya Sedang Marah?

Kompas.com - 22/08/2021, 11:30 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilik hewan peliharaan sering menganggap hewan peliharaan mereka, baik anjing maupun kucing, cukup intuitif.

Namun, apakah anjing dan kucing bisa membedakan emosi pemiliknya? Apakah mereka mengetahui pemiliknya sedang marah?

Dilansir dari Cuteness, Minggu (22/8/2021), ternyata kedua hewan peliharaan berbulu itu dapat mengetahui perasaaan sang pemiliknya ketika sedang marah. Berikut ini penjelasannya. 

Baca juga: 9 Tanda Anjing Sedang Tidak Bahagia 

Anjing 

Anjing telah berevolusi bersama manusia selama ribuan tahun dan mereka cukup memperhatikan manusia hingga saat ini.

Seperti dilaporkan Popular Science, sebuah penelitian dari University of Helsinki di Finlandia, mengatakan bahwa anjing dapat memalingkan wajah ketika melihat wajah yang marah.

Dalam studi tersebut, peneliti melibatkan 31 anjing peliharaan (yang berpengalaman dalam tes pelacakan mata dan telah dilatih untuk menonton layar) serta ekspresi wajah manusia dan anjing yang berbeda, yakni menyenangkan, netral, juga mengancam. 

Baca juga: 10 Ras Anjing yang Paling Patuh pada Pemiliknya

Kemudian, peneliti menggunakan kamera inframerah untuk melacak pandangan setiap anjing untuk setiap ekspresi.

"Ketika menemukan wajah anjing yang menakutkan, mereka akan fokus pada area mulut dan menatap lebih lama. Wajah manusia yang mengancam akan membuat anjing mengelak untuk melihatnya."  

Temuan ini menunjukkan bahwa anjing, melalui domestikasi selama berabad-abad, telah belajar untuk "menenangkan" manusia dengan mengalihkan pandangan mereka ketika mendapati pemiliknya marah. 

Baca juga: Cara Melatih Anak Anjing agar Tidak Terus Menggonggong 

Kucing 

Meski kucing memiliki reputasi sebagai hewan peliharaan yang lebih mementingkan diri sendiri, ada bukti bahwa mereka dapat membaca beberapa ekspresi manusia.

Seperti dilaporkan BBC Earth, sebuah penelitian dari Oakland University di Rochester, Michigan, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa kucing dapat membaca setidaknya dua ekspresi dasar manusia, yaitu tersenyum dan cemberut. 

Baca juga: Kenali, 6 Penyebab Induk Kucing Tidak Mau Menyusui Anaknya

Para peneliti mempelajari 12 kucing dan menemukan bahwa mereka berperilaku berbeda ketika pemiliknya tersenyum dan mengerutkan kening.

Kucing dengan pemilik yang tersenyum cenderung menghabiskan lebih banyak waktu untuk melakukan perilaku positif seperti mendengkur atau duduk di pangkuan pemiliknya.

Ada penelitian lain yang menunjukkan bahwa kucing juga memiliki kepekaan terhadap suasana hati manusia. Namun, sulit membedakan sejauh mana kucing menyadari emosi kita. 

Baca juga: Ternyata, Ini 4 Alasan Kucing Menggigit Kita

Seekor kucing mungkin tahu bahwa manusia yang cemberut adalah hal  buruk, tetapi orang-orang mengerutkan kening karena berbagai alasan.

Namun, tidak jelas apakah kucing dapat mengidentifikasi kemarahan sebagai emosi tertentu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com