Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Dekorasi Balkon yang Cantik dan Menyenangkan

Kompas.com - 22/08/2021, 10:04 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki balkon di rumah bisa dibilang sebagai kebahagiaan. Pasalnya, area ini kerap digunakan untuk menghabiskan waktu luang, bersantai, membaca buku, minum kopi, dan menikmati pemandangan. 

Namun, banyak penghuni rumah yang terkadang enggan menghabiskan waktu dan melakukan kegiatan di balkon rumah mereka lantaran tampilan dan suasana balkon yang tidak cantik sehingga tidak menarik orang untuk ke sana. 

Baca juga: Jenis Tanaman yang Cocok Diletakkan di Balkon yang Mengarah Sisi Timur

Untuk itu, penting menata dan mendekorasi balkon semenarik mungkin. Untungnya, kini banyak desain dan dekorasi balkon yang cantik yang bertebaran sehingga dapat menjadi inspirasi.

Melansir dari My Domaine, Minggu (22/8/2021), berikut ini enam ide dekorasi balkon yang cantik dan menyenangkan, yang bisa menjadi pilihan Anda. 

Baca juga: 8 Jenis Tanaman Sukulen yang Cocok Ditanam di Balkon Rumah 

Berinvestasi dalam Beberapa Hal Penting

Beberapa balkon di rumah memiliki ukuran yang sempit. Untungnya, tidak perlu banyak untuk mengubah ruang kecil.

Cobalah berinvestasi pada beberapa kursi yang nyaman, meja samping kecil, dan pertimbangkan menanam tanaman berukuran kecil.

Ide dekorasi balkon sederhana ini akan membuat balkon tak hanya cantik, tetapi juga lebih fungsional seperti menjadi tempat favorit untuk menikmati kopi pada pagi hari. 

Baca juga: 6 Cara Menata Ulang Balkon Kecil agar Tampak Cantik dan Nyaman 

Bangun ruang makan kedua

Balkon tidak harus besar untuk berfungsi sebagai ruang tambahan. Jika bisa membuat meja super sempit, Anda mungkin bisa mengubah balkon menjadi ruang makan kedua.

Tentu saja, area outdoor ini tidak seluas ruang makan, tapi pasti akan menjadi ruang makan kedua favorit, terlebih saat mengadakan pesta makan malam. 

Baca juga: 5 Cara Mudah Dekorasi Balkon Kecil agar Nyaman dan Indah 

Segmentasikan ruang 

Apabila balkon rumah berukuran luas, cobalah membagi balkon menjadi beberapa bagian berbeda seperti yang Anda lakukan dengan ruang berkonsep terbuka.

Misalnya, sedikit ruang untuk makan, ruang bersantai, dan ruang untuk berkebun atau meletakkan tanaman. Ini tidak hanya membuat balkon tampak tertata dan cantik, tetapi menjadi tempat yang layak untuk menghabiskan waktu sepanjang hari. 

Baca juga: Cara Merawat dan Membersihkan Pagar Balkon yang Terbuat dari Kaca 

Berikan kenyamanan 

Kebanyakan furnitur luar ruangan cenderung sederhana. Namun, untuk tampilan balkon yang cantik dan menyenakan, pilihlah beberapa dekorasi yang lebih nyaman.

Jika lebih menyukai ruang yang lebih hangat dan ramah, gunakan bantal luar ruangan yang ramah. Bahkan, Anda dapat membuat lantai balkon lebih nyaman dengan menggunakan karpet luar ruangan yang mewah. 

Baca juga: 4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mendesain Taman Balkon

Bermain dengan pencahayaan 

Pencahayaan mendapat banyak perhatian dalam desain interior ruang. Namun, di ruang desain eksterior seperti balkon, cenderung terabaikan.

Hal ini karena area luar tidak memiliki banyak plafon untuk meletakkan lampu atau pencahayaan.

Baca juga: 4 Cara agar Balkon Rumah Tahan Diterpa Hujan 

Namun, bila ingin berkreasi, Anda dapat mengubah balkon dengan sedikit pencahayaan. Cobalah melihat ke plafon dan apakah ada tempat untuk menggantung satu atau dua lampu. 

Cabang pohon yang kokoh juga dapat menjadi tempat untuk menggantungkan lampu jika balkon tidak memiliki plafon. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com