Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Menata Ulang Balkon Kecil agar Tampak Cantik dan Nyaman

Kompas.com - 15/08/2021, 09:07 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki balkon di rumah tentu menyenangkan selain mempercantik tampilan rumah dan meningkatkan nilai jualnya.

Balkon rumah berfungsi menjadi area untuk bersantai, menyegarkan pikiran, melihat pemandangan, hingga menjadi tempat berkebun. 

Baca juga: 5 Cara Mudah Dekorasi Balkon Kecil agar Nyaman dan Indah

Namun, terkadang kebersihan dan kerapian balkon ini kurang diperhatikan. Misalnya, balkon kotor, berantakan, penuh sampah, serta tanaman mati. Kondisi ini semakin diperparah bila balkon berukuran kecil.

Akibatnya, balkon tidak berfungsi sebagaimana mesti dan tidak lagi digunakan, yang membuatnya semakin tak terurus. Untuk itu, segera menata ulang balkon kecil agar berfungsi kembali menjadi area menyenangkan. 

Dilansir dari laman Homes to Love, Minggu, (15/8/2021), berikut ini enam cara menata ulang balkon kecil agar tampak cantik dan nyaman.  

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Balkon agar Jadi Tempat Bersantai yang Nyaman

Rencana dan keinginan 

Kegiatan apa yang ingin Anda lakukan di balkon? Jika balkon memiliki ruang terbatas, Anda mungkin perlu memprioritaskan antara memasak, makan, bersantai, dan berkebun. Rencanakan dengan matang agar semuanya dapat dilakukan.

Menyesuaikan skema warna

Kumpulkan ide dan buat skema warna untuk ruangan yang diinginkan. Ini akan mengikat semua elemen bersama-sama dan membantu balkon tampak minimalis dan serbaguna, bahkan saat melakukan tugas ganda.

Baca juga: Cara Merawat dan Membersihkan Pagar Balkon yang Terbuat dari Kaca

Bersihkan balkon

Langkah selanjutnya menata balkon rumah yang kecil dan berantakan adalah membuang semua tanaman mati, pot kosong, peralatan pembersih, kemasan lama, kursi rusak, dan tali cucian. Biarkan balkon menjadi kosong seolah-olah Anda baru saja pindah rumah. 

Pertimbangkan lantai baru

Meletakkan anyaman lamun atau karpet vinil terbaru dapat meningkatkan tampilan ruangan menjadi cantik sehingga suasana berkumpul atau duduk di balkon terasa nyaman.  

Baca juga: 4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mendesain Taman Balkon 

Letakkan tanaman ke dinding 

Seperti dijelaskan sebelumnya, balkon kecil seperti di apartemen keran digunakan untuk area berkebun. Namun, sebainya jangan meletakkan tanaman di lantai yang dapat membuat kotor dan berantakan.

Cobalah membuat taman vertikal, yakni mengantungkan tanaman ke dinding. Bisa pula memilih modul susun untuk menempel di dinding.

Baca juga: 4 Cara agar Balkon Rumah Tahan Diterpa Hujan  

Pilih tanaman herbal dan warna pot yang mudah dirawat serta indah dipandang. Taman vertikal ini sekaligus dapat mempercantik dinding serta ide bagus untuk menghias ruang dengan warna dan tekstur.

Tambahkan kenyamanan 

Menambahkan kenyaman dapat membuat balkon semakin cantik, tertata, juga menyenakan.

Caranya, menambahkan bantal sofa untuk kursi, memasang bantalan kursi pada di balkon agar memberi rasa empuk, atau memasang kursi gantung untuk mengundang relaksasi. 

Baca juga: Cara Menanam Janda Merana untuk Mempercantik Balkon Rumah

Gunakan balkon

Semakin sering menggunakan balkon, semakin besar kemungkinan Anda untuk menjaganya tetap bersih, tertata, cantik, serta nyaman.

Selain fungsi yang telah dijelaskan di atas, balkon juga bisa digunakan untuk acara barbecue bersama teman-teman. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com