Kompas.com - Diperbarui 29/08/2021, 13:08 WIB
Ilustrasi kucing mata biru Unsplash/Felix MittermeierIlustrasi kucing mata biru

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebanyakan anak kucing terlahir dengan mata berwarna biru. Pada sebagian kucing, kondisi ini akan tetap bertahan hingga dewasa, bahkan selamanya. 

Namun, umumnya, warna mata biru ini akan berubah saat kucing dewasa dan produksi pigmen melanin terjadi. Bola mata kucing akan berubah menjadi hitam. 

Baca juga: 8 Jenis Anjing yang Bisa Dipelihara Bersama Kucing

Kucing dewasa yang memiliki mata biru tidaklah banyak. Bola mata yang tetap biru itu adalah hasil dari genetika mereka.

Produksi pigmen di iris mata kucing tidak terjadi dan ketika cahaya memantul dari mata, kucing terlihat memiliki mata biru. Namun, ada beberapa ras kucing tertentu yang memang sudah memiliki mata biru.

Melansir dari The Spruce Pets, Minggu (29/8/2021), berikut ini 10 ras kucing yang memiliki mata biru. 

Baca juga: Tips Memperkenalkan Anjing pada Kucing

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Balinese

Balinese adalah salah satu ras kucing runcing yang memiliki mata biru tua. Bulu panjang dari kucing yang sangat cantik ini muncul sebagai akibat dari mutasi genetik dari kucing ras Siam.

Kucing berukuran sedang ini tidak hanya memiliki wajah yang menggemaskan, tetapi juga dikenal cerdas, ingin tahu, suka bermain, dan penyayang. Kucing Baliness atau Bali dapat menjadi hewan peliharaan keluarga yang hebat. 

Baca juga: Kenapa Kucing Benci Air? Simak, Ini Penjelasan Dokter Hewan

Birman 

Ilustrasi kucing BirmanUnsplash/Kanashi Ilustrasi kucing Birman
Birman adalah kucing mata biru lainnya. Kucing berbulu panjang ini hadir dalam enam warna bulu berbeda, tetapi selalu memiliki sarung tangan putih pada cakarnya.

Sejarah pasti kucing Birman tidak diketahui, tetapi mungkin terjadi setelah kucing yang diimpor dari Burma dibiakkan dengan kucing Siam di Prancis.

Birman memiliki kepribadiaan yang manis, menyenangkan, dan penuh kasih. Meski masih merupakan ras yang vokal, meong kucing Birman tidak terlalu berisik seperti Balinese dan Siam.  

Baca juga: Mengenal Kucing Birman yang Ramah dan Menggemaskan

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.