Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Ras Kucing Bermata Biru yang Sangat Cantik

Namun, umumnya, warna mata biru ini akan berubah saat kucing dewasa dan produksi pigmen melanin terjadi. Bola mata kucing akan berubah menjadi hitam. 

Kucing dewasa yang memiliki mata biru tidaklah banyak. Bola mata yang tetap biru itu adalah hasil dari genetika mereka.

Produksi pigmen di iris mata kucing tidak terjadi dan ketika cahaya memantul dari mata, kucing terlihat memiliki mata biru. Namun, ada beberapa ras kucing tertentu yang memang sudah memiliki mata biru.

Melansir dari The Spruce Pets, Minggu (29/8/2021), berikut ini 10 ras kucing yang memiliki mata biru. 

Balinese

Balinese adalah salah satu ras kucing runcing yang memiliki mata biru tua. Bulu panjang dari kucing yang sangat cantik ini muncul sebagai akibat dari mutasi genetik dari kucing ras Siam.

Kucing berukuran sedang ini tidak hanya memiliki wajah yang menggemaskan, tetapi juga dikenal cerdas, ingin tahu, suka bermain, dan penyayang. Kucing Baliness atau Bali dapat menjadi hewan peliharaan keluarga yang hebat. 

Sejarah pasti kucing Birman tidak diketahui, tetapi mungkin terjadi setelah kucing yang diimpor dari Burma dibiakkan dengan kucing Siam di Prancis.

Birman memiliki kepribadiaan yang manis, menyenangkan, dan penuh kasih. Meski masih merupakan ras yang vokal, meong kucing Birman tidak terlalu berisik seperti Balinese dan Siam.  

Himalayan

Kucing Himalayan merupakan hasil persilangan ras kucing Siam dan kucing Persia. Kucing Himalayan memiliki bola mata berwarna biru cerah dan bulunya hadir dalam berbagai warna, panjang, juga lebat. 

Kucing ini biasanya sangat penyayang dan suka bermain. Namun, kucing Himalayan memiliki perawatan yang tinggi karena bulunya yang tebal. 

Ojos Azules

Selanjutnya, kucing mata biru adalah ras Ojos Azules. Nama ini berasal dari bahasa Spanyol yang berarti mata biru. Matanya selalu memiliki warna biru yang luar biasa dalam meski tidak memiliki warna putih yang solid.

Ojos Azules adalah jenis kucing langka. Asal usul ras ini muncul pada 1984 ketika seekor kucing kulit penyu dari koloni liar di New Mexico, Amerika Serikat, menghasilkan anak kucing dengan mata biru yang intens seperti miliknya. 

Mata biru yang dimiliki Ojos Azules disebur-sebut yang paling biru dibanding ras kucing mata biru lainnya. 

Persia

Dengan bulunya yang lembut dan halus, wajah yang khas, dan kepribadian yang manis, kucing Persia adalah salah satu ras kucing paling populer di dunia. Persia dengan bulu putih sering memiliki mata biru.

Kucing Persia dikenal tenang serta penuh kasih. Kucing ini sering meringkuk di pangkuan pemiliknya untuk mendapatkan kasih sayang. Namun, Anda harus bersiap untuk perawatan perawatan tinggi karena bulu Persia yang sangat tebal. 

Dengan mata biru berbentuk almond yang mencolok, warna biru yang indah, fisik yang bagus, dan sifatnya yang ramah, membuat Siamese begitu dicintai.

Meezer, demikian sebutan akrab kucing ini, sangat cerdas dan memiliki rasa ingin tahu. Kucing Siamese berkembang menjadi pusat perhatian dan tidak malu memberi tahu pemiliknya ketika menginginkan lebih banyak pelukan serta tidak suka diabaikan. 

Ragdoll 

Ragdoll merupakan salah satu ras kucing mata biru. Kucing ini dikenal memiliki kepribadian yang sangat tenang, ramah, dan cerdas yang sering dibandingkan dengan anjing.

Namun, ada harus menyiapkan kucing Ragdoll banyak permainan karena mereka mudah bosan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/08/29/123934976/7-ras-kucing-bermata-biru-yang-sangat-cantik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke