Kompas.com - 06/06/2021, 20:23 WIB
Ilustrasi kucing birman UNSPLASH/Thea SmcIlustrasi kucing birman

JAKARTA, KOMPAS.com - Di Indonesia, kucing Birman menjadi salah satu ras kucing favorit banyak orang lantaran memiliki warna bulunya yang unik.

Kucing Birman memiliki warna bulu lebih gelap di bagian wajah, kaki, telinga dan ekor, sedangkan warna bulu di bagian tubuhnya putih pucat.

Baca juga: Waspada Pyometra Pada Kucing, Ini Gejalanya

Kombinasi bulu hitam dan putih inilah yang membuat kucing Birman populer di Indonesia dan keberadaanya dicari banyak pencinta kucing.

Selain itu, ras kucing asal Perancis ini juga memiliki bulu yang panjang dan lebat sehingga membuatnya terlihat lebih berisi serta menggemaskan.

Baca juga: Kucing American Shorthair, Teman yang Baik dan Suka Dipangku

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kucing birman juga dikenal sebagai hewan peliharaan yang suka bermain, aktif, ramah pada anak-anak, dan suka menjadi pusat perhatian.

Melansir dari berbagai sumber, Minggu (6/6/2021), berikut ini fakta kucing Birman yang menarik untuk diketahui.

Baca juga: 7 Ras Anjing yang Memiliki Tingkah Laku Mirip Kucing

Misteri asal usul kucing Birman

Hingga kini, masih belum diketahui secara pasti terkait dengan asal usul kucing Birman. Legenda mengatakan bahwa kucing ini pernah menjadi sahabat pendeta kuil di Myanmar.

Namun, sumber lainnya mengatakan bahwa kucing ini diimpor dari Asia ke Perancis. Sejumlah data juga mengatakan bahwa pada 1919, dua kucing Birman dikirim dari Asia ke Perancis.

Baca juga: Kenapa Mata Kucing Bisa Seperti Menyala Saat Kondisi Gelap?

Hal ini sebagai bentuk terima kasih kepada dua orang Inggris yang tinggal di Myanmar atas bantuan mereka mempertahankan kuil dari invasi.

Sementara itu, sumber lainnya mengklaim bahwa taipan perkapalan dan kereta api Cornelius Vanderbilt membeli dua kucing Birman yang diselundupkan dari sebuah kuil dan mengirimnya ke seorang wanita yang tinggal di Perancis.

Baca juga: Apakah Kucing Mencintai Pemiliknya? Ini Cara Mengetahuinya

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.