Kompas.com - 18/09/2021, 19:57 WIB
Ilustrasi tanaman hias di dalam rumah. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICAIlustrasi tanaman hias di dalam rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat cuaca panas seperti saat ini, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara merawat tanaman hias di suhu yang panas. Mungkin juga Anda selama ini meletakkan tanaman hias di sebelah atau dekat kipas angin, namun ternyata ini adalah langkah yang salah.

Daniel Bruce, CEO toko tanaman dalam ruangan Nature by Letterbox memperingatkan bahwa kipas angin atau AC bisa membuat tanaman hias mati.

"Jika Anda mengkhawatirkan tanaman hias terpapar udara panas, Anda mungkin berpikir memindahkan satu di depan kipas angin akan mendinginkannya di siang hari," ujar Bruce seperti dikutip dari Real Homes, Sabtu (18/9/2021).

Baca juga: Udara di Dalam Rumah Panas? Letakkan 8 Tanaman Hias Ini

"Tetapi banyak tanaman, terutama tanaman tropis, tidak bekerja dengan baik dengan udara kering dan dingin di dedaunan, jadi kipas angin (atau lebih buruk lagi, unit AC) akan menghalangi tanaman Anda dari suhu ruangan dan kelembapan yang dibutuhkannya untuk berkembang," imbuh Bruce.

Namun, ia juga mengatakan bahwa memiliki tanaman di dalam ruangan yang sama dengan kipas angin berasa akan baik-baik saja, asalkan posisinya tidak terlalu berdekatan. Jika Anda khawatir tentang tingkat kelembapan, semprotkan daun tanaman dengan botol semprot.

Sementara itu, Anna, pendiri layanan berlangganan tanaman hias Plant Pet Club menuturkan, kipas angin tidak akan menjadi masalah selama tidak diposisikan dekat dengan tanaman atau meniup langsung pada tamaman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anna mencontohkan, sirkulasi udara dan ventilasi sebenarnya bermanfaat bagi tanaman dan dapat membantu mereka tumbuh.

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Mudah Dirawat di Kamar Kost

"Kipas banyak digunakan di rumah kaca karena alasan itu," ungkap Anna.

Untuk menikmati tanaman dan tetap sejuk di apartemen atau rumah kecil, Anna menyarankan untuk menempatkan kipas angin sejauh mungkin dari tanaman hias.

Dia juga mengatakan untuk memastikan bahwa kipas angin tidak mengubah suhu ruangan secara drastis, karena tanaman tidak akan menikmati fluktuasi panas yang signifikan sepanjang hari.

Beberapa tanaman seperti kaktus sangat senang dengan gelombang panas dan tidak membutuhkan perawatan ekstra.

 

Halaman:


Sumber Real Homes
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.