Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini Langkah Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Depan

Kompas.com - 29/08/2021, 21:23 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin cuci merupakan peralatan elektornik yang sangat membantu meringankan pekerjaan mencuci pakaian

Ada dua jenis mesin cuci yang dijual di pasaran, yakni mesin cuci bukaan depan atau satu tabung dan mesin cuci bukaan atas atau dua tabung. 

Baca juga: Mesin Cuci Berjamur? Begini Cara Membersihkannya

Mesin cuci bukaan depan banyak dipilih karena penggunaan air dan energi yang lebih efisien serta membuat proses mencuci menjadi lebih praktis dan cepat. 

Sayangnya, banyak penggunaannya yang tidak menyadari kapan harus membersihkan mesin cuci bukaan depan dan bagaimana membersihkannya.

Sama dengan peralatan elektronik sehari-hari lainnya yang membutuhkan perawatan rutin, membersihkan mesin cuci bukaan depan penting dilakukan setiap sebulan sekali agar terhindari dari bau tak sedap. 

Baca juga: Cara Mengatasi Pertumbuhan Jamur dan Lumut pada Mesin Cuci

Tak hanya itu, pembersihan secara teratur juga dapat membantu mencegah pembentukan jamur dan bau. Lantas, bagaimana membersihkan mesin cuci bukaan depan? 

Melansir dari laman Taste of Home, Minggu (29/8/2021), berikut ini adalah beberapa cara membersihkan mesin cuci bukaan depan. 

Baca juga: Ingin Membeli Mesin Cuci? Pertimbangkan 8 Hal Ini Dulu 

Gunakan pemutih

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengosongkan drum, kemudian keluarkan dispenser detergen, serta bersihkan baki dan semua lampirannya. Ganti item saat dibersihkan.

Selanjutnya, bersihkan gasket di sekitar drum dan kaca pintu yang menghadap bagian dalam drum. Bersihkan permukaan ini dengan larutan tiga perempat cangkir pemutih klorin yang ditambahkan ke dalam 3,7 liter air.  

Baca juga: Simak, Ini 5 Tanda Mesin Cuci Rusak

Jika pemuat depan Anda memiliki siklus pembersihan, jalankan sekarang. Ikuti petunjuk pabrikan. Beberapa produsen mesin cuci menyarankan untuk menggunakan produk pembersih tertentu.

Namun, beberapa yang lain mengatakan Anda dapat menggunakan pemutih klorin cair atau cuka putih suling.

Saat siklus pembersihan selesai dan mesin cuci bukaan depan dingin, seka penutup, bukaan, dan kaca pintu dengan kain lembut atau handuk, lalu biarkan terbuka. 

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mesin Cuci Dua Tabung

Cuka dan baking soda

Jika mesin cuci bukaan depan tidak memiliki siklus bersih atau bau, bersihkan tempat sabun, paking, dan kaca pintu seperti yang disebutkan di atas.

Pastikan drum kosong, kemudian taburkan setengah cangkir baking soda di dalam drum. Selanjutnya, tuangkan satu cangkir cuka putih suling ke dalam dispenser detergen. Terakhir, jalankan mesin cuci pada pengaturan air panas. 

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mesin Cuci Dua Tabung

Cara mencegah bau pada mesin cuci bukaan depan

Anda dapat mencegah bau dan jamur pada mesin cuci bukaan depan dengan melakukan beberapa hal sederhana berikut ini.

  • Keluarkan pakaian dari drum mesin cuci segera setelah siklus pencucian selesai.
  • Bersihkan semua kelembapan pada drum, tutup, atau paking.
  • Biarkan pintu terbuka di antara beban.
  • Pastikan Anda menggunakan jumlah detergen dengan tepat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com