Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Alasan Mesin Cuci Dua Tabung Masih Diminati Masyarakat Indonesia

Kompas.com - 09/08/2021, 18:45 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin cuci dua tabung adalah salah satu jenis mesin cuci yang banyak digunakan di Indonesia serta masih diminati dan banyak dijual di pasaran. 

Padahal, di banyak negara, khususnya negara maju, mesin cuci dua tabung merupakan jenis mesin cuci yang sudah kuno dan tidak lagi dijual.

Lantas, apa yang membuat mesin cuci dua tabung masih banyak dijual dan diminati masyarakat Indonesia.

Dilansir dari beberapa sumber, Senin (9/8/2021), berikut ini lima alasan mesin cuci dua tabung masih dijual dan diminati masyarakat Indonesia. 

Baca juga: Cara Membuat Mesin Cuci Tahan Lama hingga 10 Tahun

Harganya murah

Dibanding jenis mesin cuci lainnya, mesin cuci dua tabung memiliki harga yang lebih murah. Harga mesin dua tabung hanya berkisar Rp1 jutaan, sedangkan mesin cuci satu tabung berkisar mulai dari Rp2 jutaan. 

Karena itu, mesin cuci dua tabung menjadi pilihan utama bagi kebanyakan masyarakat Indonesia sehingga pasar mesin cuci dua tabung masih ada. 

Baca juga: 4 Tips Menghilangkan Jamur yang Bersembunyi pada Mesin Cuci

Servisnya mudah dan murah

Bisa dikatakan bahwa semua teknisi service elektronik dapat memperbaiki mesin cuci dua tabung. Sebab, kerusakan yang terjadi tidak jauh-jauh dari timer, pengering yang tidak berputar, dan dinamo yang rusak.

Tak hanya itu, spare part yang dijual untuk komponen mesin cuci dua tabung juga murah sehingga biaya perbaikan tidak menguras kantong

Karena itu, hal ini menjadi alasan mesin cuci dua tabung masih dijual dan mendapat hati di masyarakat Indonesia meski sudah ketinggalan zaman. 

Baca juga: 3 Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar dan Cara Mengatasinya

Tidak perlu tandon air

Mesin cuci satu tabung perlu menggunakan tandon air untuk mengisi air ke mesin cuci secara otomatis. Sementara, tidak semua rumah di Indonesia memiliki instalasi air sendiri yang airnya bisa keluar otomatis seperti tandon air.

Hal ini tentunya membuat repot apabila harus menggunakan mesin cuci otomatis seperti mesin cuci satu tabung karena tekanan air di mesin cuci otomatis harus tinggi.

Sementara itu, penggunaan mesin cuci dua tabung tidak memerlukan tandon air. Kamu bisa menuangkan air dengan ember ke dalam bak mesin cuci, lalu menyalakan mesin cuci. 

Baca juga: Hindari, 10 Kesalahan Umum Mencuci Pakaian dengan Mesin Cuci

Mudah dioperasikan

Dibanding mesin cuci satu tabung, pengoperasian mesin cuci dua tabung jauh lebih mudah dan bisa dipahami dengan baik karena tidak ada banyak menu pengoperasian.

Saat mencuci menggunakan mesin cuci dua tabung, kamu hanya perlu memutar knop mesin cuci dan mesin pengering. 

Baca juga: Aturan Mencuci Pakaian Menggunakan Mesin Cuci agar Tidak Rusak

Lebih awet

Tidak sedikit masyarakat meyakini bahwa mesin cuci dua tabung dianggap lebih awet ketimbang mesin cuci satu tabung yang canggih.

Mereka menganggap mesin cuci satu tabung mudah rusak dan biaya untuk memperbaikinya lebih mahal daripada mesin cuci dua tabung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com