Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/08/2021, 19:35 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Decortips

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemon adalah salah satu buah yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai hal, dari sebagai bumbu hidangan, minuman segar, membuat kue, hingga bahan pembersih rumah

Lantaran memiliki manfaat yang begitu besar, banyak orang yang memilih menanam lemon di kebun atau taman mereka. Namun, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan sebelum menanam lemon.

Dilansir dari Decor Tips, Rabu (11/8/2021), berikut ini tips mudah menanam lemon. 

Baca juga: 6 Manfaat Lemon untuk Membersihkan dan Menghilangkan Bau di Rumah

Mengumpulkan biji lemon

Ada beberapa cara berbeda yang bisa kamu lakukan untuk menanam lemon. Kamu dapat mengumpulkan bijinya sendiri atau membeli pohon lemon muda apabila ingin mempercepat prosesnya.

Jika ingin menanm lemon dari biji, kamu bisa mengambilnya dari lemon yang kamu gunakan di rumah. Cuci biji lemon secara menyeluruh dengan air untuk membersihkannya dari sari buah lemon.

Pastikan biji lemon yang dikumpulkan tidak meninggalkan ampas sari buah lemon yang menempel pada bijinya. Terakhir, masukkan biji lemon yang sudah dibersihkan ke dalam kain lembap dan biarkan selama beberapa hari. 

Baca juga: 5 Cara Alami Membasmi Semut pada Tanaman, Pakai Gula hingga Lemon

Kecambah biji lemon dalam pot bunga

Selanjutnya, berkecambah biji lemon dalam pot bunga. Kemudian, setelah pohon lemon cukup besar, pindahkan langsung ke kebun di rumah. 

Lemon tidak tumbuh dengan baik dalam cuaca dingin. Jadi, jika kamu memutuskan menanamnya saat cuaca dingin, sebaiknya menyimpannya dalam pot bunga atau di teras yang terlindungi. 

Baca juga: Tips Membuat Pewangi Ruangan dari Lemon, Garam, dan Minyak Essensial

Lemon menyukai iklim hangat, tetapi juga membutuhkan drainase yang baik. Itulah sebabnya kamu harus meletakkan tanah subur dalam jumlah yang layak di pot bunga agar lemon tumbuh.

Jika menempatkan lemon di teras luar ruangan, bahkan jika memiliki atap, suhu dingin akan mempengaruhi mereka. Cobalah menutupi tanaman lemon dalam pot dengan plastik untuk melindunginya dari dingin dan beku. 

Baca juga: Cara Membersihkan Talenan Kayu dengan Lemon agar Tahan Lama

Siapkan tanah di kebun dan pindahkan tanaman lemon

Setelah biji lemon berkecambah dan tumbuh cukup besar, kamu dapat memindahkannya ke kebun. Untuk melakukannya, kamu perlu menyiapkan tanah dengan hati-hati.

Pertama, pilih tempat yang ideal untuk tanaman lemon. Jika memiliki lebih dari satu pohon lemon atau memiliki tanaman lain yang tumbuh di kebun, kamu perlu memisahkannya.

Ini membantu kamu mengidentifikasi spesies tanaman yang berbeda sehingga tidak mencampuradukkannya. 

Baca juga: Beragam Manfaat Lemon untuk Membersihkan Dapur

Agar tanaman lemon tumbuh menjadi kuat dan sehat, kamu harus menggunakan banyak pupuk. Namun, hindari pupuk kimia beracun yang dapat merusak pohon lemon atau menyebabkan penyakit.

Selain iut, lemon juga membutuhkan sistem drainase yang baik. Buat beberapa lubang pada pot agar air lebih mudah mengalir. Setelah menyiapkan tanah, lanjutnya memindahkan tanaman lemon ke kebun. 

Baca juga: Tips Menanam dan Merawat Kemangi Lemon

Beri banyak air

Lemon membutuhkan banyak air, terlebih pada musim panas. Untuk itu, saat musim hujan atau cuaca dingin, kamu harus menyiraminya secara berkala sekitar seminggu sekali.

Waktunya memanen

Setelah beberapa tahun, tanaman lemon yang kamu tanam akan tumbuh sepenuhnya dan  berbuah banyak. Jangan lupa untuk rutin menyiraminya, memupuknya, dan yang terpenting bersabar merawatnya. 

Setelah buah lemon cukup besar dan berwarna kuning cerah, artinya lemon siap untuk dipanen. Gunakan pemangkas untuk memanen buah lemon dan pangkas kembali cabang-cabang pohon lemon bila perlu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com