Kompas.com - 11/08/2021, 17:06 WIB
Ilustrasi kipas angin. SHUTTERSTOCK/ROLLING STONESIlustrasi kipas angin.

JAKARTA, KOMPAS.com--Rambut, kotoran, debu, serat, dan segala jenis benda kotor lainnya di udara menumpuk di kipas yang kita gunakan dari waktu ke waktu. Jika kamu tidak membersihkannya, semua kotoran itu akan kembali ke udara dan akan kamu hirup lagi.

Kabar baiknya adalah bahwa sebagian besar kipas rumah tangga sangat mudah dibongkar dan dibersihkan.

Dilansir dari Lifehacker, Rabu (11/8/2021), yang diperlukan hanyalah obeng kepala plus, mangkuk kecil atau piring untuk sekrup, dua kain lap, dan sedikit cuka atau cairan pencuci piring.

Baca juga: Cara Membersihkan Kipas Angin Gantung Tanpa Membuat Kotor Ruangan

Sikat gigi bekas atau sikat botol kecil dapat membantumu masuk ke sudut dan celah, tetapi jika kamu tidak memilikinya, kain lap saja sudah cukup untuk membersihkannya.

Untuk membersihkan kipas angin berdebu, kamu harus melakukannya di luar ruangan dan lengkapi dirimu dengan sarung tangan dan masker yang mampu melindungi mulut dan hidung dari debu yang halus, agar tak masuk ke saluran pernapasan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selanjutnya, temukan sekrup yang menahan layar, buka sekrupnya, dan sisihkan baling-balingnya. Simpan sekrup di mangkuk atau piring kecil agar tidak menggelinding, atau hilang saat kamu akan memasangnya kembali.

Gunakan satu lap untuk menyeka debu dan kotoran dari baling-baling dan bagian tengah kipas angin dan bagian lain yang tampak kotor, lalau kibaskan debunya ke angin sepoi-sepoi.

Setelah kamu menghilangkan kotoran yang, oleskan sedikit cuka ke lap lainnya dan serang apa pun yang tersisa.

Baca juga: 7 Cara Menjauhkan Rasa Panas di Kamar Tidur Tanpa Kipas Angin dan AC

Beberapa tetes cairan pencuci piring akan melarutkan lemak ekstra keras, tetapi pastikan untuk menghilangkan sisa sabun secara menyeluruh sehingga tidak menarik lebih banyak debu.

Ketika semuanya telah digosok dan dibersihkan, jemur kipas yang dibongkar di bawah sinar matahari hingga kering.

Jika kamu tidak memiliki ruang luar untuk itu, keringkan semuanya sebaik mungkin dengan handuk bersih dan kering. Selanjutnya, pasang kembali penutup kipas dan skrupnya.

Bergantung pada jenis kotoran apa yang secara teratur terbang di udara di rumah, kamu mungkin perlu mengulangi proses ini sekali atau dua kali setiap bulan, terutama jika kamu menggunakannya setiap hari.

Tetapi begitu kamu melihat betapa mudahnya membersihkan kipas, kamu tidak akan pernah membiarkan kipasmu kotor dan menghembuskan udara kotor itu kembali ke udara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Lifehacker
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.