Kompas.com - 11/08/2021, 15:30 WIB
Ilustrasi tanaman hias di dalam pot. SHUTTERSTOCK/DARIA MINAEVAIlustrasi tanaman hias di dalam pot.

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat tanaman hias menjadi kegiataan yang banyak dilakukan orang saat ini. Kegiatan ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memberi perasaan positif yang baik bagi kesehatan mental.

Sayangnya, kesibukan sering kali membuat orang tak sempat merawat tanaman hias. Akibatnya, tanaman menjadi tidak terurus, bahkan mati. 

Baca juga: 9 Tanaman Hias Cantik yang Cocok untuk Taman Vertikal

Sebetulnya, Anda masih bisa merawat berbagai tanaman di sela-sela kesibukan. Caranya, memilih tanaman yang tidak memerlukan banyak perawatan seperti penyiraman rutin, kebutuhan paparan sinar matahari yang banyak setiap harinya, dan tidak mudah mati.

Nah, berikut ini enam tanaman hias yang minim perawatan dan tidak mudah mati, yang cocok bagi Anda yang sibuk, dilansir dari laman Taste of Home, Rabu (11/8/2021). 

Baca juga: Tips Memilih Pot untuk Tanaman Luar Ruangan

Lidah mertua 

Lidah mertua atau snake plant membutuhkan air yang sangat sedikit dan tidak membutuhkan banyak sinar matahari sehingga cocok untuk Anda yang memiliki kesibukan tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahkan, tanaman lidah mertua tidak perlu mendapat perawatan selama beberapa minggu jika Anda tengah bekerja ke lur kota atau pergi berlibur. 

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Tidak Membutuhkan Banyak Sinar Matahari

Lidah buaya

Cobalah menanam lidah buaya pada musim atau cuaca dingin sehingga siap digunakan saat musim atau cuaca panas nanti. Lidah buaya tidak membutuhkan cahaya langsung, tetapi membutuhkan ruangan yang lebih hangat.

Cobalah menyimpan lidah buaya di bagian selatan atau barat yang menghadap ke rumah dan lakukan penyiraman sekali saja dalam seminggu karena tanaman ini lebih menyukai tanah kering. 

Baca juga: 3 Tanaman yang Dapat Mengusir Kutu dari Taman 

Sukulen

Tanaman sukulen dapat tumbuh dengan sedikit air sehingga menjadi pilihan tanaman yang sempurna untuk mereka yang sibuk atau cenderung lupa menyiram. 

Tak hanya itu, sukulen juga tidak membutuhkan banyak perawatan seperti menjemurnya di sinar matahar atau harus mengganti media tanamannya secara rutin. 

Baca juga: 8 Kesalahan yang Membuat Tanaman Mawar Tidak Tumbuh dan Berbunga

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.