Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/08/2021, 08:45 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren merawat tanaman hias masih belum surut. Berbagai jenis tanaman hias pun masih digemari oleh masyarakat, baik karena bentuk daunnya yang unik maupun warnanya yang cantik.

Salah satu tanaman hias daun yang dapat dipilih untuk dikoleksi adalah Syngonium (Syngonium podophyllum) atau arrowhead plant. Tanaman ini memperoleh namanya karena bentuk daunnya yang menyerupai mata anak panah.

Meskipun mungkin tumbuh liar di luar ruangan di beberapa daerah, tanaman Syngonium juga biasanya ditanam sebagai tanaman hias. Tanaman ini dapat ditanam sendiri di tanah atau di pot, maupun dicampur dengan tanaman lain dalam satu pot panjang.

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Tidak Memerlukan Banyak Air

Namun, seiring bertambahnya usia tanaman, Syngonium akan mulai merambat. Oleh karena itu, mungkin ide yang baik untuk menanam tanaman ini di pot gantung.

Ilustrasi tanaman hias Syngonium atau arrowhead plant.SHUTTERSTOCK/MARY BERKASOVA Ilustrasi tanaman hias Syngonium atau arrowhead plant.

Selain itu, cara lain menanam tanaman Syngoniun adalah di tiang atau teralis sebagai penyangga saat merambat.

Dikutip dari Gardening Know How, Selasa (10/8/2021), berikut cara merawat tanaman Syngonium di rumah.

Secara keseluruhan, perawatan tanaman Syngonium cukup mudah. Tanaman ini harus dibiarkan mengering di antara penyiraman.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Hias Sirih Gading Satin, Cocok di Dalam Ruangan

Meskipun tanaman Syngonium menikmati kelembapan, namun tanaman ini tidak boleh terlalu basah, yang dapat menyebabkan busuk akar.

Syngonium lebih menyukai suhu yang sejuk, yakni antara 16 hingga 24 derajat celcius. Meskipun demikian, tanaman Syngonium dapat mentolerir rentang suhu yang lebih luas dalam kondisi tertentu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com