Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman Hias yang Tidak Membutuhkan Banyak Sinar Matahari

Kompas.com - 10/08/2021, 21:29 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meletakkan tanaman hias di dalam ruangan merupakan sebuah tren dekorasi yang makin diminati banyak orang.

Namun, tidak semua tanaman hias bisa diletakkan di dalam ruangan karena membutuhkan paparan sinar matahari.

Meski begitu, ada beberapa tanaman hias yang mampu bertahan di dalam ruangan dengan pancaran sinar matahari yang rendah.

Dilansir dari Architectural Digest, Selasa (10/8/2021), berikut ini lima tanaman hias yang tidak membutuh banyak sinar matahari sehingga cocok diletakkan di dalam ruangan. 

Baca juga: 3 Tanaman yang Dapat Mengusir Kutu dari Taman

Lucky bamboo

Lucky bamboo atau dracaena sanderiana merupakan tanaman hias dengan perawatan rendah. Tanaman ini mudah dirawat karena memiliki batang kuat yang dapat bertahan di dalam vas berisi air dan dalam kondisi berbagai cahaya.

Dalam feng shui, tanaman ini sering digunakan untuk menarik kekayaan, kesehatan, dan kelimpahan karena mengandung unsur kayu. 

Baca juga: Kenapa Ada Jamur di Tanah Tanaman Hias? Ini 5 Pemicunya 

Aglonema

Aglonema atau aglaonema adalah salah satu tanaman hias yang membutuhkan cahaya minim sehingga cocok diletakkan di dalam ruangan.

Selain itu, perawatan aglonema juga tidak sulit, dapat bertahan tanpa air hingga tiga minggu, tidak membutuhkan pupuk, dan dapat bertahan hidup dalam cahaya lampu. 

Baca juga: 8 Kesalahan yang Membuat Tanaman Mawar Tidak Tumbuh dan Berbunga

English ivy

English ivy atau daun ivi tidak hanya tumbuh subur dalam cahaya rendah. Tanaman ini juga dapat memurnikan udara, menyaring racun, jamur, dan kotoran dari udara.

English ivy dikenal sebagai tanaman hijau yang tumbuh sejak zaman kuno dan telah lama digunakan sebagai elemen dekorasi. 

Baca juga: 5 Tanaman Indoor Besar yang Dapat Membuat Ruangan Tampak Luas

Philodendron heartleaf

Tanaman philodendron heartleaf atau hederaceum bisa diletakkan di dalam pot atau digantung. Perawatan tanaman hias ini juga mudah, cukup siram seminggu sekali.

Jika daunnya menguning, artinya tanaman terlalu banyak disiram. Namun, bila daunnya berubah menjadi cokelat, artinya tanaman perlu mendapat air lebih banyak. 

Meski tampilannya yang begitu indah, tanaman ini beracun dan berbahaya apabila tidak sengaja termakan. Jadi, sebaiknya meletakkan philodendron heartleaf ke dalam keranjang gantung untuk menjauhkannya dari anak-anak atau hewan peliharaan. 

Baca juga: Simak, Ini Tanaman Pendamping untuk Mengendalikan Serangga di Kebun

Anthurium merah

Tanaman anthurium berbunga sepanjang tahun dan setiap mekar berlangsung sekitar enam minggu. Bunganya bisa berwarna merah muda, putih, atau merah.

Untuk menyiramnya, kamu perlu melakukan satu hingga dua kali penyiraman dalam seminggu. Lap daun anthurium merah dengan kain lembap dan basah sesekali jika melihat penumpukan debu atau serangga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com