Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/08/2021, 11:00 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

Sumber Lifehacker

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika kamu hendak memulai kebun kecil di halaman rumah yang terbatas, kamu bisa menggunakan pot.

Pot bisa menjadi pilihan untuk kamu yang tak lagi memiliki halaman yang bertanah. Namun, pot untuk tanaman luar ruangan juga memiliki kriteria tertentu.

Berikut adalah beberapa tips memilih pot untuk tanaman luar ruangan dari Sarah Wilson seperti dilansir dari Lifehacker, Rabu (11/6/2021).

Baca juga: Mudah, Begini Cara Menanam Kunyit di Pot

1. Pilih pot besar

Pilih pot terbesar yang dapat mudah ditemukan dan kelompokkan bersama. Selain membuat tampilan menarik, menyiram dan merapikannya juga lebih mudah karena semuanya ada di satu tempat.

Manfaat lain dari ide taman perawatan rendah sederhana ini adalah bahwa hanya ada begitu banyak tanaman yang bisa tumbuh di dalam pot, yang berarti lebih sedikit pemangkasan. 

Selain itu, pot lebih besar dapat menghabiskan lebih sedikit waktu untuk menyiram.

"Siram secara menyeluruh seminggu sekali daripada menyiram sedikit dan sering, yang mendorong akar untuk tetap berada di dekat permukaan di mana mereka akan mengering lebih cepat," ujar Wilson.

Sebaliknya, tanaman akan menggali lebih dalam untuk menemukan kelembapan. Menerapkan mulsa tebal bahan organik di sekitar pangkal tanaman juga bisa membantu mengunci kelembapan.

Baca juga: Apakah Tanah di Dalam Pot Tanaman Harus Diganti?

2. Jangan pilih pot berbahan kaleng

Penting untuk memastikan ukuran pot sesuai dengan kebutuhan tanaman agar pertumbuhannya tidak terganggu.FREEPIK Penting untuk memastikan ukuran pot sesuai dengan kebutuhan tanaman agar pertumbuhannya tidak terganggu.
Pilihlah pot berbahan tembikar, semen, atau plastik, tapi jangan kaleng. Bahan kaleng akan menyerap panas dan bisa sangat terasa panas pada siang hari. Hal ini bisa membuat akar kepanasan, mati dan membusuk.

3. Pilih pot yang perawatannya rendah

Beberapa pot terbuat dari bahan-bahan yang memerlukan perawatan. Jika memilih pot yang perlu dirawat, kamu mungkin akan kerepotan karena harus merawat tanaman dan pot itu sendiri.

Wilson menyarankan, "Selalu pilih pot yang bisa kamu tanam, lalu lupakan. Hindari kayu yang membutuhkan perawatan rutin serta keramik dan terakota yang bisa menjadi mimpi buruk ketika musim dingin karena bisa retak," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com