Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pentingnya Piring di Bagian Bawah Pot Tanaman

Kompas.com - 22/07/2021, 11:42 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa tanaman hias dalam ruangan atau tanaman hias indoor dilengkapi dengan piring yang diletakkan di bawah potnya, sementara yang lain memiliki piring yang dijual terpisah.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Kamis (22/7/2021), piring ini membantu menangkap air yang mengalir keluar dari lubang drainase pot, sehingga air dan tanah tidak menetes di furnitur atau lantai.

Berikut beberapa manfaat yang ditawarkan saat Anda menggunakan piring pot tanaman hias di dalam ruangan.

Baca juga: Apakah Tanah di Dalam Pot Tanaman Harus Diganti?

Tujuan

Piring drainase dirancang untuk menampung air yang mengalir keluar dari dasar pot Anda. Tanpa piring di bawah, air dapat mengalir melalui tanah di pot tanaman dan keluar dari lubang drainase bawah, bocor ke rak tanaman, meja, lantai, teras, atau dek Anda.

Ini dapat menodai dan merusak barang-barang tersebut, karena air biasanya membawa sedikit kotoran, sehingga tidak bersih dan jernih.

Menggunakan pelat drainase atau piring dapat mengurangi risiko kerusakan air dan noda dengan menjaga air langsung di bawah pot dan dari permukaan di bawah.

Mengapa piring drainase penting?

Memiliki pot tanpa drainase mungkin tampak seperti alternatif yang lebih aman jika Anda khawatir tentang kerusakan air dan noda, tetapi hal itu dapat mengundang busuk akar dan penyakit lain.

Baca juga: Cara Menanam Bunga Marigold dari Benihnya, Bisa di Pot atau Tanah

Bahkan tanaman yang membutuhkan tanah yang lembap secara konsisten membutuhkan tanah yang mengalir, dan genangan air dapat menggenang, menjadi bau, serta menjadi inang jamur dan penyakit yang menyebar ke tanaman melalui akar.

Drainase yang tepat memungkinkan kelebihan air bocor sehingga tanah dapat menahan jumlah kelembaban yang tepat untuk tanaman Anda.

Drainase yang tepat memungkinkan kelebihan air bocor sehingga tanah dapat menahan jumlah kelembapan yang tepat untuk tanaman Anda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com