Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Mengapa Anjing Sebaiknya Tidak Diberikan Makanan Mentah

Kompas.com - 11/08/2021, 08:10 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

Sumber Lifehacker

JAKARTA, KOMPAS.com--Merawat anjing artinya kita juga bertanggung jawab akan apa yang mereka makan.

Namun disarankan agar pemilik anjing tidak memberikan peliharaan mereka makanan yang mentah.

Menurut sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan online di International Journal of Food Microbiology, makanan anjing mentah yang tersedia secara komersial di Eropa mengandung bakteri Enterococcus yang resistan terhadap obat.

Para ilmuwan dari Universitas Porto dan Instituto Universitário de Ciências da Saúde (IUCS) di Portugal menguji 55 jenis makanan anjing kering, basah, dan mentah untuk Enterococcus, yang dapat menyebabkan segalanya, mulai dari infeksi saluran kemih hingga endokarditis pada manusia.

Mereka menemukannya di lebih dari setengah sampel—termasuk setiap sampel mentah.

Dr. Ana R. Freitas, penulis utama studi tersebut, menerbitkan sebuah surat penelitian di jurnal Emerging Infectious Disease CDC yang membahas hasil dari sampel mentah secara rinci. Singkatnya, makanan mentah tidak baik:

Semua sampel membawa enterococci yang resisten terhadap eritromisin, streptomisin, kloramfenikol, dan tetrasiklin; 93% resisten terhadap ampisilin, ciprofloxacin, dan quinupristin/dalfopristin; 79% resisten terhadap gentamisin; dan 50% tahan terhadap linezolid.

Linezolid adalah antibiotik pilihan terakhir, dan setengah dari strain bakteri dari sampel makanan anjing mentah ini resisten terhadapnya.

Dr. Freitas dan timnya juga menemukan bahwa beberapa bakteri makanan anjing terkait erat dengan strain Enterococcus yang ditemukan pada babi, ayam, air limbah, dan bahkan pasien manusia yang dirawat di rumah sakit di seluruh Eropa.

Baca juga: 6 Perilaku Aneh Anjing dan Alasan Mengapa Hal Itu Dilakukan

Jadi pihak peneliti lantas mengetahui bahwa bakteri ini memiliki kemampuan untuk menginfeksi banyak spesies.

Dr. Freitas menyimpulkan: “Data kami menunjukkan bahwa makanan anjing mentah bisa menjadi penjaga dari sifat resistensi antimikroba yang muncul menambahkan kekhawatiran baru pada beban kesehatan global dari resistensi antimikroba," ujarnya seperti dilansir dari Lifehacker, Rabu (11/8/2021).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com