Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Bahan Ini Bisa Membantu Anda Mencuci Pakaian, Lemon hingga Garam

Kompas.com - 01/05/2021, 12:08 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci pakaian adalah rutinitas yang harus dilakukan namun melelahkan juga. Meskipun menggunakan mesin cuci, mencuci pakaian bukanlah pekerjaan yang ringan.

Ada banyak tips dan trik dalam mencuci pakaian yang beredar di internet maupun media sosial. Akan tetapi, tidak sedikit pula yang tidak mempan.

Nah, ada beberapa bahan alami yang dapat membantu Anda mencuci pakaian lebih mudah. Apa saja? Dilansir dari Reader's Digest, Sabtu (1/5/2021), berikut daftarnya.

Baca juga: Tips Mencuci Pakaian Berwarna Gelap agar Tidak Luntur

Ilustrasi lemon. PIXABAY/STEVEPB Ilustrasi lemon.

1. Air perasan lemon

Menurut Marieke van der Graaf, pendiri Laundrylicious di California, AS, Anda bisa menghilangkan noda pada pada pakaian dengan menambahkan air perasan lemon ke cucian di mesin cuci Anda.

Fungsi pemutih alami pada lemon akan mencerahkan bahan katun pakaian dalam Anda dan menghilangkan noda karat. Selain itu, lemon juga membuat pakaian beraroma segar.

Namun ingat, hanya gunakan lemon pada pakaian berwarna putih. Sebab, lemon bisa merusak warna pakaian non putih.

Anda pun bisa membersihkan noda pada pakaian dengan lemon. Van der Graaf menyarankan Anda merendam noda dengan air perasan lemon ketimbang menggosoknya.

Baca juga: 8 Kesalahan dalam Mencuci Pakaian yang Harus Dihentikan Segera

2. Garam

Garam dapat digunakan untuk membantu menghilangkan noda darah, lemak, dan minyak.

"Garam bisa efektif menghilangkan beberapa noda tertentu," ujar Brandi Winch, pemilik HomeMaid Home Solutions di Kalamazoo, Michigan, AS.

Meskipun demikian, penggunaan garam bergantung pada tipe noda. Misalnya, pakaian yang terkena noda darah harus direndam pada air dingin yang dicampur garam.

Jika pakaian Anda terkena noda lemak atau minyak, tutupi noda dengan garam, biarkan garam menyerap lemak atau minyak, kemudian gosok sebelum dicuci.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com