Kompas.com - 23/06/2021, 16:37 WIB
Ilustrasi kucing ras Scottish Fold. PIXABAY/T_WATANABEIlustrasi kucing ras Scottish Fold.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah Anda melihat kucing bersin? Sama dengan manusia, kucing juga bisa atau mengalami bersin. Bersin merupakan hal wajar dan normal yang dialami kucing jika terjadi sesekali.

Namun, dilansir dari The Spruce Pets, Rabu (23/6/2021), bila kucing terus-menerus bersin atau beberapa kali sehari selama beberapa hari berturut-turut, hal itu sudah tidak normal. 

Baca juga: Kucing Tidak Boleh Diberi Makan Tempe, Ini 4 Efek Buruknya

Kemungkinan sahabat bulu mengalami infeksi saluran pernapasan atas, paparan toksin, serta reaksi terhadap debu, serbuk sari, atau alergen lainnya seperti sehelai rumput, abnormalitas struktural, bahkan kanker.

Sebaliknya, apabila kucing sesekali bersin dan tampak sehat, Anda tidak perlu khawatir. Pastikan membawa kucing ke dokter hewan untuk pemeriksaan fisik tahunan. 

Dokter hewan akan mencari penyebab dan masalah kesehatan yang mendasarinya sebelum menjadi tidak erkendali. 

Baca juga: Telinga Kucing Seperti Korengan? Ini Penyebab dan Cara Mengobatinya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Infeksi saluran pernapasan atas 

Penyebab kucing bersin dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya infeksi saluran pernapasan atas. Gejala penyakit ini bisa dilihat dari kucing yang sering bersin, mengalami hidung tersumbat, keluarnya cairan dari mata, atau tanda-tanda seperti flu lainnya. 

Kondisi ini juga sering menyebabkan kucing mengeluarkan lendir berwarna kuning atau kehijauan. Mata kucing mungkin berkaca-kaca, berair, bahkan mengeluarkan lendir kuning atau hijau. 

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Kucing Suka Bertengger di Atap Rumah

Selain itu, Anda mungkin melihat pernapasan kucing menjadi berat dan kesulitan melewatkan udara melalui lubang hidung. 

Infeksi saluran pernapasan atas pada kucing sering disebabkan oleh virus herpes kucing atau calicivirus. Segera membawa kucing Anda ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan.

Dokter hewan akan meresepkan antibiotik jika dicurigai ada infeksi bakteri. Beberapa dokter hewan merekomendasikan tetes hidung saline. 

Baca juga: 5 Penyebab Kucing Menjulurkan Lidah Saat Tidur

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X