Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Ini Fase Pemberian Makan pada Anak Kucing yang Baru Lahir

Kompas.com - 10/06/2021, 19:13 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama dengan bayi, fase pertumbuhan anak kucing juga banyak mengalami pertumbuhan pada tahun pertama kehidupannya.

Seperti dilansir dari The Spruce Pets, Kamis (10/6/2021), jenis makanan dan berapa banyak yang dikonsumsi anak kucing secara langsung dapat mempengaruhi laju pertumbuhan dan perkembangannya.

Baca juga: 5 Fakta Kucing Pallas, Hewan Berbulu dengan Ekspresi Menggemaskan 

Dengan memiliki jadwal makan yang tepat, Anda dapat memantau pertumbuhan anak kucing dan memastikan mereka menerima nutrisi tepat. Nah, berikut ini fase pemberian makan pada anak kucing yang baru lahir.

Jadwal pemberian makan minggu pertama 

Seekor anak kucing biasanya memiliki berat sekitar tiga hingga 3,7 ons saat lahir dan akan bertambah berat dengan cepat dari menyusui.

Selama beberapa minggu pertama kehidupannya, anak kucing yang baru lahir akan bergantung sepenuhnya pada induknya untuk mendapatkan nutrisi atau asupan makanan. 

Baca juga: 7 Fakta Kucing Burma yang Lincah dan Menggemaskan

Mata dan telinganya tertutup rapat saat lahir sehingga anak kucing akan bergantung pada feromon yang dikeluarkan ibunya untuk menemukan susu dan kehangatan.

Sebagian besar anak kucing akan baik-baik saja tanpa campur tangan manusia. Namun, jika anak kucing perlu diberi susu botol karena sang induk tidak bisa menyusui atau sakit, Anda harus menimbang anak kucing secara teratur. 

Hal ini guna memastikan beratnya sehingga mengetahui tingkat pertumbuhan yang sehat dan normal pada anak kucing.  

Baca juga: 5 Fakta Kucing Singapura, Si Kecil yang Bermata Besar

Seekor anak kucing akan menyusu selama sekitar 45 menit setiap dua hingga tiga jam selama minggu pertama kehidupannya. Sebagian besar waktunya akan dihabiskan untuk tidur.

Anak kucing yang diberi susu botol harus mengonsumsi sekitar satu sendok makan atau 15 mililiter susu formula khusus kucing setiap kali menyusui. 

Pada akhir minggu pertama, saluran telinga anak kucing akan terbuka. Begitu pun berat badannya bertambah menjadi sekitar empat ons bila makan dengan benar.  

Baca juga: Bolehkah Kucing Makan Nasi? Ini Kata Dokter Hewan

Pertambahan berat badan harus dipantau menggunakan timbangan gram seperti jenis yang digunakan untuk menimbang makanan di dapur. 

Jadwal pemberian makan minggu kedua dan ketiga 

Anak kucing berusia dua hingga tiga minggu masih perlu diberi makan setiap dua sampai tiga jam dan harus mengonsumsi setidaknya setengah sendok makan susu setiap kali makan.

Jika anak kucing menyusui dari induknya, Anda harus memantau berat badan anak kucing untuk mengetahui apakah ia cukup makan atau tidak. 

Baca juga: Kenali Ini Tanda-tanda Penuaan pada Kucing

Pada hari ke delapan hingga 18, berat badan anak kucing akan meningkat menjadi sekitar 10 ons dan mulai merangkak tak lama setelah matanya terbuka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com