Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Kucing Makan Nasi? Ini Kata Dokter Hewan

Kompas.com - 09/06/2021, 16:43 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Makanan kucing tentu berbeda dengan makanan manusia. Namun, tak sedikit pemilik kucing yang sengaja memberikan nasi pada kucing peliharaannya. Alasannya, agar kucing lebih kenyang. 

Selain itu, memberikan nasi kepada kucing dengan mencampurkan lauk seperti ikan maupun daging dianggap lebih praktis dan ekonomis.  

Baca juga: Ini Alasan Kucing Menatap Pemilik dan Hewan Lainnya

Namun, sebetulnya bolehkah seekor kucing makan nasi? Apakah hal tersebut bisa berbahaya bagi kucing?

Dikutip dari kanal YouTube Dokter Hewan, Rabu (9/6/2021), Meisi Nuriski, seorang dokter hewan, menjelaskan beberapa fakta yang perlu diketahui ketika kucing peliharaan diberi makan nasi, di antaranya. 

Baca juga: Bisakah Kucing Terkena Rabies? Ini Penjelasan dan Gejalanya

Kucing adalah karnivora sejati

Fakta pertama perlu diingatkan lagi bahwa kucing merupakan hewan karnivora sejati sehingga saluran pencernaan kucing sudah didesain untuk mencerna olahan makanan dari daging seperti ayam, ikan, maupun sapi.

Olahan makanan dari daging mengandung protein hewani dan asam amino yang sangat dibutuhkan kucing. Jadi, kucing peliharaan wajib diberikan daging-dagingan atau makanan yang mengandung protein hewani untuk menu sehari-harinya. 

Baca juga: Kenapa Mata Kucing Bisa Seperti Menyala Saat Kondisi Gelap?

Kucing hanya butuh sedikit karbohidrat

Kucing hanya membutuhkan karbohidrat dalam jumlah yang sangat sedikit. Bahkan, tubuh  kucing sebenarnya sudah bisa mendapatkan karbohidrat dari protein yang dikonsumsinya.

Jadi, nasi yang memiliki kandungan karbohidrat cukup tinggi sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan kucing. Bahkan kucing yang terlalu sering diberi makan nasi bisa berisiko pada kegemukan atau obesitas

Baca juga: Apakah Kucing Mencintai Pemiliknya? Ini Cara Mengetahuinya

Kekurangan nutrisi lainnya

Kucing yang sehari-hari diberi makan nasi dengan campuran ikan bisa mengalami defisiensi atau kekurangan zat nutrisi lainnya seperti lemak, mineral vitamin, dan lain-lain.

Padahal, nutrisi itu sangat penting untuk membantu metabolisme dan pertumbuhan kucing. Jadi, hanya memberikan nasi dan campuran ikan dapat membuat kucing mengalami malnutrisi

Baca juga: Ini Alasan Kucing Suka Menyemprotkan Urine Sembarangan

Gangguan pencernaan

Beberapa kucing yang diberi makan nasi mengalami gangguan pencernaan seperti diare. Hal itu karena kucing memiliki sedikit enzim amilase.

Enzim ini berfungsi memecah karbohidrat menjadi lebih sederhana sehingga dapat dicerna dengan baik oleh kucing. 

Baca juga: 10 Ras Kucing yang Memiliki Umur Panjang

Namun, karbohidrat yang tinggi dalam nasi tidak dapat dicerna karena kucing kekurangan enzim amilase. Hal itu akan berujung kepada akumulasi karbohidrat di saluran pencernaan kucing, yang bisa menyebabkan meningkatnya fermentasi bakteri di dalam pencernaan.

Terganggunya fermentasi bakteri di pencernaan ini bisa membuat kucing mengalami diare, mencret, atau kembung.

Jadi, memberikan nasi kepada kucing sebagai makanannya sama sekali tidak bermanfaat, bahkan memiliki efek buruk bagi kucing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com