Kompas.com - 23/06/2021, 07:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah Anda melihat kucing peliharaan terus-menerus menggaruk telinga dan menggelengkan kepala? Selain itu, telinga kucing seperti korengan berwarna cokelat kehitaman.

Jika iya, maka kemungkinan besar kucing terserang tungau telinga. Parasit ini biasanya menyerang kucing luar ruangan dan sangat menular.

Meski biasanya tidak mengancam jiwa, tetapi tungau telinga dapat membuat hidup sengsara bagi hewan peliharaan Anda.

Baca juga: 5 Penyebab Kucing Menjulurkan Lidah Saat Tidur

Dilansir dari The Spruce Pets, Rabu (23/6/2021), tungau telinga dapat menyebabkan penyumbatan saluran telinga dan kadang-kadang dapat menyebabkan kucing menggaruk begitu sering, sehingga pembuluh darah di telinga pecah, yang memerlukan pembedahan.

Apa itu tungau telinga?

Tungau telinga adalah parasit kecil yang menjalani siklus hidup mereka sebagian besar di dalam saluran telinga kucing atau anjing. Mereka cukup umum dan dapat menyebabkan iritasi parah dan gatal pada telinga.

Ilustrasi kucingUnsplash/Caleb Woods Ilustrasi kucing

Tungau telinga yang paling umum pada kucing adalah Otodectes cynotis. Oleh karena itu, infestasi tungau telinga kadang-kadang disebut kudis otodectic.

Tungau telinga terutama hidup di saluran telinga, di mana mereka memakan sel-sel kulit mati. Kehadiran tungau telinga menyebabkan peradangan, dan juga dapat menyebabkan infeksi telinga sekunder.

Baca juga: 10 Ras Kucing yang Cocok Dipelihara di Apartemen, Persia hingga Sphynx

Telur tungau telinga diletakkan di telinga, dan dibutuhkan sekitar tiga minggu untuk telur menetas dan berkembang menjadi tungau dewasa yang dapat berkembang biak.

Sementara tungau telinga umumnya ditemukan di telinga, mereka juga dapat berkeliaran di tubuh, menyebabkan iritasi dan gatal pada kulit kucing juga.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.