Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telinga Kucing Seperti Korengan? Ini Penyebab dan Cara Mengobatinya

Kompas.com - 23/06/2021, 07:27 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah Anda melihat kucing peliharaan terus-menerus menggaruk telinga dan menggelengkan kepala? Selain itu, telinga kucing seperti korengan berwarna cokelat kehitaman.

Jika iya, maka kemungkinan besar kucing terserang tungau telinga. Parasit ini biasanya menyerang kucing luar ruangan dan sangat menular.

Meski biasanya tidak mengancam jiwa, tetapi tungau telinga dapat membuat hidup sengsara bagi hewan peliharaan Anda.

Baca juga: 5 Penyebab Kucing Menjulurkan Lidah Saat Tidur

Dilansir dari The Spruce Pets, Rabu (23/6/2021), tungau telinga dapat menyebabkan penyumbatan saluran telinga dan kadang-kadang dapat menyebabkan kucing menggaruk begitu sering, sehingga pembuluh darah di telinga pecah, yang memerlukan pembedahan.

Apa itu tungau telinga?

Tungau telinga adalah parasit kecil yang menjalani siklus hidup mereka sebagian besar di dalam saluran telinga kucing atau anjing. Mereka cukup umum dan dapat menyebabkan iritasi parah dan gatal pada telinga.

Ilustrasi kucingUnsplash/Caleb Woods Ilustrasi kucing

Tungau telinga yang paling umum pada kucing adalah Otodectes cynotis. Oleh karena itu, infestasi tungau telinga kadang-kadang disebut kudis otodectic.

Tungau telinga terutama hidup di saluran telinga, di mana mereka memakan sel-sel kulit mati. Kehadiran tungau telinga menyebabkan peradangan, dan juga dapat menyebabkan infeksi telinga sekunder.

Baca juga: 10 Ras Kucing yang Cocok Dipelihara di Apartemen, Persia hingga Sphynx

Telur tungau telinga diletakkan di telinga, dan dibutuhkan sekitar tiga minggu untuk telur menetas dan berkembang menjadi tungau dewasa yang dapat berkembang biak.

Sementara tungau telinga umumnya ditemukan di telinga, mereka juga dapat berkeliaran di tubuh, menyebabkan iritasi dan gatal pada kulit kucing juga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com