Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/06/2021, 11:42 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan adalah hal baik yang berdampak positif pada kesehatan dan juga pikiran.

Kucing adalah hewan menggemaskan dengan berbagai tingkah laku yang sulit ditebak, tetapi bisa membuat pemiliknya jatuh cinta.

Namun, jika ingin menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan, ada banyak hal yang perlu diketahui, khususnya terkait hal-hal yang tidak mereka sukai.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengobati Kucing yang Sering Muntah

Agar terhindar dari amukannya, berikut ini 8 hal yang tidak disukai kucing, dilansir dari beberapa sumber, Senin (21/6/2021).

1. Ekornya dipegang atau ditarik

Perlu diketahui bahwa ekor adalah bagian tubuh kucing yang sensitif. Jika ekornya dipegang, maka kucing akan menjadi marah atau agresif.

Ilustrasi kucing di taman di rumah. PIXABAY/AMULJAR Ilustrasi kucing di taman di rumah.

Meski sesama kucing sekali pun, kucing tetap akan bertindak agresif hingga mencakar ketika ekornya tersentuh apalagi dipegang.

2. Orang asing yang tiba-tiba menyentuhnya

Kucing memiliki rasa curiga pada orang asing yang baunya tidak dia kenali, dan secara alami sangat waspada terhadap serangan mendadak.

Baca juga: 4 Benda di Rumah yang Berbahaya untuk Kucing

Oleh karena itu, jika kamu tiba-tiba menyentuh atau memegang kucing yang belum pernah dijumpai, maka si kucing akan menghindar bahkan mencakar, karena menganggap bahwa hal tersebut adalah sebuah serangan untuknya.

3. Mandi dengan air

Pada dasarnya kucing bisa mandi sendiri dengan cara menjilat-menjilati bulu di tubuhnya, sehingga tidak perlu dimandikan dengan air.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com