Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/06/2021, 10:12 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Decortips

JAKARTA, KOMPAS.com - Air merupakan sumber daya alam yang diperlukan dalam keberlangsungan kehidupan sehari-hari semua makhluk hidup di dunia. Mulai dari minum, mandi, hingga melakukan kegiatan pembersihan, manusia memerlukan air.

Namun, terkadang beberapa orang terlalu membuang-buang air dalam penggunaannya setiap hari.

Bukan hanya sekadar membuang sumber daya alam dengan percuma saja, namun Anda juga dapat meningkatkan energi di dalam rumah.

 

Baca juga: Mudah, Begini Cara Menanam Kentang di Air

Dilansir dari Decortips, Senin (21/6/2021) ada beberapa cara sebagai berikut untuk lebih bisa menghemat penggunaan air di dalam rumah.

1. Cermat menggunakan mesin cuci piring dan pakaian

Seringkali beberapa orang membuat kesalahan dengan menjalankan mesin cuci yang hanya berisi beberapa pakaian atau menjalankan mesin pencuci piring dengan sedikit piring kotor di dalamnya. Sehingga akan menggunakan air yang lebih banyak daripada seharusnya.

Alih-alih melakukan ini, mengapa Anda tidak menunggu dan mengisinya dengan pakaian sebanyak yang bisa ditampung mesin? 

Dengan melakukan cara ini, Anda dapat mencapai hasil yang sama tanpa harus membuang-buang air. Meskipun mungkin tidak terlihat seperti itu, jika Anda melakukan tindakan ini dalam jangka waktu yang lama, Anda akan segera melihat bahwa penghematannya cukup besar.

 

Baca juga: Tidak Sulit, Begini Cara Membersihkan Kerak pada Keran Air

Di akhir minggu, Anda akan mengurangi penggunaan peralatan ini hingga 40 persen.

2. Jangan boros air saat mandi

Ada beberapa keborosan air saat mandi, misalnya saat menyabuni tubuh, keran dibiarkan menyala, menyikat gigi namun membiarkan keran juga menyala juga.

Mungkin hal ini tidak terlihat begitu seperti keborosan yang banyak, namun jika dikumpulkan menjadi satu, air yang terbuang tersebut akan lebih banyak daripada perkiraan Anda.

Masalah lain yang perlu diingat adalah menghabiskan terlalu lama di kamar mandi. Diperkirakan seseorang dapat menggunakan antara 150 – 200 liter air di kamar mandi dan, pada kenyataannya, penggunaan air ini dapat dikurangi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Decortips
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com