Kompas.com - 22/06/2021, 20:30 WIB
Baking soda untuk mengurangi bau tak sedap kulkas Shutterstock/ThamKCBaking soda untuk mengurangi bau tak sedap kulkas

JAKARTA, KOMPAS.com - Baking soda atau soda kue dikenal luas sebagai bahan yang serbaguna, mulai dari sebagai bahan makanan hingga pembersih. Tak hanya itu, baking soda juga dikenal ampuh menghilangkan bau.

Menaburkan sedikit soda kue ke banyak permukaan, mulai dari kotak kotoran kucing hingga bagian bawah tempat sampah dapur dapat mengurangi bau tidak sedap. Sementara trik ini umumnya berhasil, Anda mungkin tidak tahu mengapa baking soda sangat efektif.

Dilansir dari Martha Stewart, Selasa (22/6/2021), berikut penjelasan para ahli terkait kenapa baking soda bisa menghilangkan bau secara efektif.

Baca juga: Cara Membersihkan Kipas Angin Gantung dengan Baking Soda dan Cuka

Penjelasan ilmiah baking soda bisa menghilangkan bau

Penjelasan mengenai keberhasilan penyerapan bau oleh baking soda lebih berkaitan dengan kimia daripada hal lain, menurut Alex Reed, salah satu pendiri Truman.

"Kebanyakan bau bersifat asam, dan soda kue bisa menjadi penetral pH," ujar Reed.

Sederhananya, bahan kimia dalam baking soda sangat cocok untuk menetralkan asam yang menyebabkan bau tak sedap.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara menggunakan baking soda untuk menghilangkan bau

Untuk hasil terbaik, taburkan soda kue dalam lapisan tipis, jelas Reed. Itulah sebabnya baking soda bekerja sangat baik dalam menghilangkan bau saat ditaburkan di bagian bawah tempat sampah atau di permukaan kotak pasir.

Baca juga: Manfaat Baking Soda untuk Tanaman dan Cara Menggunakannya

Tetapi fakta bahwa baking soda benar-benar harus disebarkan untuk melakukan tugasnya secara maksimal adalah apa yang berarti itu kurang efektif di lemari es.

"Soda kue di lemari es akan berdampak minimal pada bau jika sudut (wadah) dibiarkan terbuka. (Baking soda) perlu disebarkan lebih merata di permukaan untuk memiliki dampak yang signifikan," terang Reed.

Pisahkan baking soda untuk memasak

Mungkin Anda tergoda untuk mencuri sejumput soda kue dari wadah terbuka di kulkas jika Anda kehabisan baking soda di lemari dapur, tetapi ini adalah hal yang salah.

Halaman:


25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X