Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/06/2021, 18:36 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cabai yang Anda tanam, baik di halaman rumah maupun di pot berpotensi diserang oleh berbagai serangga, termasuk di antaranya kutu daun, siput, thrips, nematoda, dan tungau laba-laba.

Serangga menggerogoti kulit luar cabai dan membuatnya rentan terhadap infeksi jamur, yang dapat membunuh cabai dan bijinya. Namun, jangan khawatir, dengan beberapa langkah, Anda dapat membasmi serangga pada tanaman cabai secara aman dan efektif.

Dikutip dari Home Guides SF Gate, Selasa (22/6/2021), salah satu cara membasmi serangga pada tanaman cabai adalah dengan menggunakan tanah yang disterilkan.

Baca juga: 6 Pengusir Tikus Alami, Cabai Giling Kasar hingga Cengkih

Menanam cabai di tanah yang disterilkan akan menciptakan tanaman yang lebih kuat yang dapat bertahan dari serangan secara lebih efektif.

Cara mensterilkan tanah adalah, sebarkan tanah di atas loyang logam dan tutupi dengan aluminium foil. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya pada suhu 82 sampai 93 derajat celcius selama 30 menit.

Biarkan tanah menjadi dingin sebelum digunakan untuk menanam cabai.

Kenakan sarung tangan berkebun dan singkirkan serangga secara manual. Gunakan sebagai cara yang efektif untuk membasmi hampir semua jenis serangga yang mengganggu tanaman cabai, termasuk kutu daun, thrips, dan tungau laba-laba.

Baca juga: Simak, Ini Cara Menanam Cabai Rawit di Polybag agar Cepat Berbuah

Untuk siput, tunggu sampai malam saat mereka lebih aktif untuk mengambil siput dan membuangnya di tempat sampah luar ruangan.

Semprot tanaman cabai dengan sabun insektisida yang terbuat dari asam lemak kalium, yang menyebabkan struktur sel serangga larut, membunuh mereka seketika. Gunakan untuk kutu daun dan tungau laba-laba, menurut Colorado State University.

Perkenalkan predator alami serangga yang tidak diinginkan ke tanaman cabai. Kutu daun rentan terhadap larva lalat, larva lacewing dan kumbang. Hilangkan thrips dengan memperkenalkan tungau predator dan kutu bajak laut. 

Semprotkan tanaman cabai dengan selang taman, atau semprotan pada keran wastafel jika Anda menanam tanaman di ambang jendela, karena semprotan air yang kuat secara efektif mengusir serangga dari tanaman. Pastikan untuk menembakkan air di bagian bawah daun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com