Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/05/2021, 15:47 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemari es atau kulkas menjadi salah satu alat elektronik yang paling diandalkan dalam menyimpan berbagai bahan makanan, bahkan sisa makanan matang yang tidak habis dikonsumsi.

Padahal, melansir dari Express.co.uk, Senin (31/5/2021), kulkas cenderung menjadi bau karena penumpukan sisa makanan yang basi atau rak kulkas yang kotor karena terkena tumpahan makanan tersebut. 

Baca juga: Sering Dilupakan, Ini Cara Membersihkan Kulkas Secara Menyeluruh

Penyegar dan pewangi kulkas memang tersedia di beberapa toko dan bisa dibeli. Namun, hal tersebut tidak bisa menghilangkan baunya, melainkan hanya menutupi baunya saja.

Untuk itu, ketika kulkas berbau, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan kulkas dengan mengeluarkan semua makanan di dalamnya. 

Baca juga: Stop Menyimpan Telur di Kulkas, Ini Bahayanya

Kemudian, pilih makanan yang masih bisa dikonsumsi dan singkirkan makanan yang sudah tidak bisa dimakan atau sudah basi.

Makanan basi atau busuk dapat menyebarkan bau tak sedap di dalam kulkas dan melekat pada bagian-bagian di dalam kulkas seperti rak. Setelahnya, bersihkan rak dan laci kulkas menggunakan air hangat.

Baca juga: Cara Membersihkan Kulkas Hanya dalam Waktu 30 Menit

Anda juga bisa merendam rak dan laci kulkas untuk menghilangkan kuman serta bakteri yang menempel.

Untuk pembersihannya, gunakan sabun cuci piring, kemudian gosok semua bagian dengan spons cuci piring dan bilas menggunakan air hangat.

Jika ada beberapa detail yang tidak bisa diseka dengan spons, gunakan sikat gigi untuk menghilangkan kotorannya. 

Baca juga: 5 Cara Mudah agar Kulkas Terbebas dari Bau dan Kotoran

Gunakan baking soda 

Sayangnya, terkadang pembersihan mendalam pun tidak bisa mengatasi dan mencegah bau tak sedap di dalam kulkas.

Sebagai solusi, salah satu cara termudah dan paling efektif membersihkan kulkas adalah menggunakan baking soda atau soda kue. 

Baca juga: Kulkas Berkarat? Ini Cara Mencegah dan Mengatasinya

Untuk menggunakannya, campurkan dua sendok makan baking soda dengan air panas, lalu aduk rata hingga menghasilkan pasta yang kental. 

Setelah itu, seka bagian dalam kulkas dengan campuran pasta tersebut menggunakan kain. Selanjutnya, bilas dengan kain bersih dan lembap hingga tidak ada sisa campuran baking soda soda. 

Baca juga: Ragam Penyebab Kulkas Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Terakhir, keringkan dengan handuk bersih. Baking soda memiliki kemampuan menyerap bau apa pun sehingga kulkas bisa bersih dan terbebas dari bau tak sedap.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, gunakan cara ini selama seminggu sekali saat waktu pembersihan kulkas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com