Kompas.com - 07/05/2021, 18:00 WIB
Mengecek aroma kulkas Shutterstock/Pixel ShotMengecek aroma kulkas

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas atau lemari es menjadi salah satu perangkat elektronik yang hampir dimiliki setiap hunian. Berfungsi menyimpan makanan dan minuman menjadi lebih tahan lama, kulkas harus memberikan hawa dingin untuk proses pengawetan.

Akan tetapi, pada masa atau kondisi tertentu, kulkas kemungkinan mengalami permasalahan atau kerusakan, satu di antaranya tidak lagi dingin. 

Baca juga: 7 Hal yang Harus Segera Dibuang dari Dalam Kulkas

Kulkas yang tidak dingin tentu tidak bisa menyimpan makanan dan minuman menjadi tahan lama sehingga pada akhirnya tidak bisa digunakan.

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (7/5/2021), berikut ini ragam penyebab yang membuat kulkas tidak lagi dingin. 

Baca juga: 6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Kulkas Bekas

Freon Sudah Habis

Faktor yang bisa menjadi penyebab kulkas tidak lagi dingin adalah freon yang sudah habis, dan hal ini sering terjadi. Demi dapat mengalirkan suhu dingin, setiap kulkas membutuhkan freon yang dikonversi menjadi suhu dingin oleh mesin kompresor.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Freon yang habis bisa disebabkan pemakaian yang sudah lama atau adanya kebocoran pada bagian dalam kulkas. Jadi, untuk memastikannya, kamu perlu bantuan teknisi profesional. 

Baca juga: Hati-hati, Jangan Langsung Nyalakan Kulkas yang Baru Dipindahkan

Karet Pintu Kulkas Sudah Rusak

Karet pintu kulkas yang kondisinya sudah rusak atau aus juga bisa menjadi penyebab kulkas tidak lagi dingin. Sebab, membuat pintu kulkas kurang rapat dan akhirnya memberi celah hawa dingin di dalam kulkas keluar.

Karet pintu kulkas memiliki fungsi sebagai perekat antara pintu kulkas dengan bagian pinggiran badan kulkas agar dapat tertutup sempurna. 

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Karet Pintu Kulkas yang Kotor

Jika karet pintu kulkas rusak atau sudah aus, lemari es tidak lagi dapat menutup pintu kulkas dengan sempurna dan kulkas sulit dingin. Kulkas yang terlalu sering dibuka dan ditutup dapat menyebabkan karet di pinggiran pintu kulkas menjadi lebih cepat kendor dan aus. 

Menyimpan Makanan atau Minuman Panas 

Menyimpan makanan atau minuman yang masih panas mengakibatkan suhu dalam kulkas ikut panas. Ini terjadi karena bunga es menjadi mencair dan menyebabkan saluran udara dingin mengalami kerusakan akibat suhu panas yang dihasilkan makanan atau minuman panas tersebut. 

Baca juga: 8 Tips Menata Isi Kulkas dan Ruang Penyimpanan agar Tampak Rapi

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X