Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/05/2021, 17:23 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Telur rebus merupakan makanan kaya protein yang disukai sebagian besar orang. Pengolahannya yang mudah membuat telur rebus kerap dikonsumsi dan dijadikan berbagai olahan makanan.

Akan tetapi, telur yang sudah matang harus dikonsumsi secara cepat agar tidak berakhir busuk. 

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Tanaman dari Cangkang Telur

Dilansir dari Today, Sabtu (8/5/2021), menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat, telur rebus sebaiknya dikonsumsi paling lama dalam waktu kurang dari seminggu setelah dimasak.

Selain itu, telur yang sudah direbus juga rentan terhadap bakteri. Hal itu terjadi karena selama proses memasak lapisan pelindung cangkang rusak dan pori-pori yang terbuka memudahkan bakteri untuk masuk. 

Baca juga: Air Rebusan Telur Bisa Menyuburkan Tanaman, Begini Caranya

Untuk memberikan daya tahan yang lebih lama, Anda bisa menyimpannya di dalam lemari es atau kulkas demi membantu memperlambat pertumbuhan bakteri. Sebab, bakteri yang berpotensi berbahaya tumbuh lebih lambat pada suhu 4 derajat Celsius. 

Karena itu, telur rebus harus segera disimpan di kulkas dalam waktu dua jam setelah dimasak. Jika melebihi waktu tersebut dan berada di dalam suhu ruang, telur akan mengalami perubahan rasa. 

Baca juga: Telur hingga Cokelat, Jangan Masukkan Bahan Makanan Ini ke Kulkas

Untuk menyimpannya di kulkas, disarankan telur masih bersama cangkangnya alias belum dikupas agar rasa dan kualitas telur tetap sama dan optimal. Cangkang telur bisa dikupas ketika akan dikonsumsi.

Jangan khawatir jika telur sulit dikupas karena hal itu menandakan bahwa telur rebus masih dalam kondisi segar. Lantas, bagaimana jika telur rebus sudah dikupas?

Telur rebus yang sudah dikupas masih bisa disimpan di dalam kulkas, tetapi harus di dalam wadah kedap udara dan dilapisi dengan tisu yang telah dibasahi agar bakteri tidak bisa masuk ke telur. 

Baca juga: Cara Mengetahui Telur yang Disimpan Masih Segar atau Tidak

Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah meski memiliki daya tahan yang lama, telur rebus yang disimpan di dalam kulkas akan membuat tekstur putih telur berubah, yakni lebih kenyal. Untuk itu, disarankan tidak menyimpan telur telur di dalam kulkas lebih dari seminggu.

Sementara itu, melansir dari Healthline, sebaiknya telur rebus disimpan di dalam karton atau wadah kedap udara sebelum dimasukkan ke kulkas serta simpan di rak bagian dalam dan hindari meletakkannya area pintu. 

Baca juga: Cangkang Telur Bisa Jadi Pupuk Tanaman, Begini Cara Menggunakannya

Hal ini karena sering membuka dan menutup kulkas dapat menyebabkan suhu di tempat ini berfluktuasi dan menjadikan telur cepat busuk.

Selain itu, telur rebus yang disimpan di dalam kulkas juga dapat menimbulkan bau gas di lemari es. Hal ini karena hidrogen sulfida yang terbentuk saat telur direbus. Namun, jangan khawatir, karena ini tidak berbahaya dan baunya akan hilang dalam beberapa jam. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com