Kompas.com - 08/05/2021, 09:40 WIB
Ilustrasi kulkas, lemari es. SHUTTERSTOCK/STOKKETEIlustrasi kulkas, lemari es.

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemari es atau kulkas menjadi salah satu alat elektronik yang paling diandalkan dalam menyimpan atau mengawetkan berbagai bahan makanan.

Lantaran sering digunakan, kulkas rentan mengalami berbagai masalah, salah satunya berkarat di bagian dalam kulkas. 

Baca juga: Ragam Penyebab Kulkas Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Dilansir dari Hunker, Sabtu (8/5/2021), karat dalam kulkas sering kali disebabkan pengembunan. Lapisan pelindung di bagian dalam kulkas habis dan meninggalkan logam yang meninggalkan bercak-bercak karat.

Rak kawat di dalam lemari es juga rentan terhadap karat saat lapisan pelindungnya hilang. Meski demikian, Anda tak perlu panik karena karat hanyalah oksidasi besi dan tidak berbahaya bagi kesehatan. 

Baca juga: 7 Hal yang Harus Segera Dibuang dari Dalam Kulkas

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karat juga tidak akan diserap oleh makanan di dalam kulkas. Namun, tetap saja hal tersebut terlihat tidak bagus dan jika dibiarkan akan menyebar dengan cepat dan bisa melemahkan kulkas.

Nah, berikut ini hal yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan dan mencegah karat pada kulkas?

Mengatasi Karat 

Karat yang tidak terlalu parah biasanya berwarna lebih pucat dan mudah diatasi, yakni cukup menggosokan dengan cuka. Namun, jika terdapat bintik karat yang lebih gelap, terutama di bagian dalam pintu kulkas, bisa diatasi dengan campuran air lemon dan garam. 

Baca juga: Pintu Kulkas Dibiarkan Terbuka, Apa yang Akan Terjadi?

Caranya, peras lemon dan campurkan perasan air lemon dengan garam hingga menjadi bentuk pasta atau mengental.

Kemudian, oleskan ke bagian yang berkarat menggunakan kain. Keasaman lemon akan menghilangkan karat, sedangkan garam bertindak sebagai abrasif untuk melonggarkannya.

Baca juga: 10 Alasan Mengapa Kulkas Tidak Dingin Lagi 

Cara lainnya, basahi area yang terkena dan tambahkan sedikit cairan pembersih. Diamkan selam satu jam, lalu gosok dengan sikat lembut.

Mencegah Karat 

Untuk mencegah karat datang kembali, Anda dapat membersihkan kulkas secara teratur. Sebab, karat terjadi karena tumpahan cairan yang berkontribusi menyebabkan kondensasi dan pengembangan karat.

Anda dapat menggunakan cat antikarat di bagian dalam kulkas. Hai ini akan mencegah karat datang kembali. Sebelum melakukan proses pengecatan, kulkas harus dikosongkan dan dicabut terlebih dahulu. 

Baca juga: Kulkas di Rumah Terendam Banjir, Apa yang Harus Dilakukan?

Pastikan area yang akan dicat bersih dan kering sebelum menyikat atau menyemprot cat. Biarkan cat sampai mengering setidaknya selama 24 jam sebelum menyalakan lemari es kembali.



Sumber Hunker
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X