Kompas.com - 22/06/2021, 21:29 WIB
Ilustrasi membasmi hama kutu daun dengan semprotan insektisida. SHUTTERSTOCK/CATHERINELPRODIlustrasi membasmi hama kutu daun dengan semprotan insektisida.

JAKARTA, KOMPAS.com--Serangga memiliki manfaat tersendiri untuk tanaman. Namun beberapa dari mereka justru merusak dan bisa membuat tanaman mati.

Ada pilihan untuk membasmi serangga yakni dengan menggunakan pestisida. Tapi sayangnya, pestisida memiliki banyak kandungan berbahaya, apalagi untuk tanaman yang akan kamu konsumsi.

Belum lagi, pestisida bisa membunuh semua serangga, termasuk serangga yang bermanfaat untuk tanaman.

Sehingga kamu justru akan membunuh semua populasi serangga yang ada di taman rumahmu.

Untuk itu, alih-alih menggunakan pestisida, kamu bisa mencoba membuat pestisida organik dari bawang putih.

Penggunaan bawang putih tidak akan mengganggu kesehatan. Selain itu, bawang putih juga tidak akan membunuh serangga yang menguntungkan untuk tanaman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baunya yang menyengat justru membuat tanaman tidak disukai oleh hama sebagai tempat makan atau bertelur.

Baca juga: Cara Membasmi Hama Serangga pada Tanaman Hias Indoor

Cara membuat 

Dilansir dari Gardening Know How, Selasa (21/6/2021), pertama, buat ekstrak bawang putih konsentrat. Hancurkan empat atau lima siung bawang putih dalam food processor, blender atau dengan lesung dan alu.

Tambahkan bawang putih yang sudah dihaluskan satu liter air dan empat atau lima tetes sabun pencuci piring, sebaiknya sabun alami yang dapat terurai.

 

Saring campuran melalui kain tipis dua kali untuk menghilangkan potongan bawang putih yang mungkin menyumbat botol semprot. Simpan bawang putih pekat dalam stoples kaca dengan tutup yang rapat.

Baca juga: Simak, Cara Mengolah Kulit Bawang Putih Jadi Pupuk Tanaman

Untuk membuat semprotan bawang putih, cukup encerkan konsentrat dengan 2 gelas air, tuangkan ke dalam botol semprot atau penyemprot bertekanan.

Kamu harus ingat bahwa pestisida alami ini tidak akan bertahan lama. Yang terbaik adalah

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X