Kompas.com - 22/06/2021, 09:56 WIB
Ilustrasi kucing Bombay, ras kucing Bombay. SHUTTERSTOCK/VIKTOR SERGEEVICHIlustrasi kucing Bombay, ras kucing Bombay.

JAKARTA, KOMPAS.com - Termasuk hewan peliharaan yang lucu dan memiliki tingkah laku yang unik, menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan favorit untuk para pecintanya.

Salah satu tingkah uniknya adalah mereka menyukai bertengger di tempat yang tinggi, seperti di atas rak buku, meja, hingga atap rumah.

Dilansir dari Cat Behavior Associates, Selasa (22/6/2021), tak hanya bertengger, namun kucing memiliki alasan tersendiri mengapa mereka menyukai bertengger di tempat tinggi itu, sebagai berikut ini.

Baca juga: 10 Ras Kucing yang Cocok Dipelihara di Apartemen, Persia hingga Sphynx

1. Mudah melihat lingkungan sekitar

Saat kucing berada di tempat yang tinggi, dia dapat lebih mudah melihat lingkungannya. Kemampuan untuk melihat apakah pemangsa atau lawan memasuki area dapat memberinya waktu ekstra yang sangat dibutuhkan untuk bersiap menyerang, tetap diam dan bersembunyi, atau merencanakan pelariannya.

2. Mencegah penyergapan kucing lain

Untuk kucing dalam ruangan, jika bertengger di dekat dinding atau jendela, hal itu untuk membatasi kemampuan lawan untuk menyelinap dan menyergap dari belakang.

Di lingkungan luar, kucing juga dapat memilih lokasi yang lebih tinggi yang membatasi atau menghilangkan kemungkinan serangan belakang yang mendadak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

3. Cara kucing menampilkan status

Dalam lingkungannya, kucing dengan peringkat lebih tinggi dapat memilih lokasi teratas yang ditinggikan untuk menampilkan posisinya dalam grup.

Baca juga: Bolehkan Memberikan Makanan Anjing pada Kucing? Ini Aturannya

Ketika ada ketegangan antara kucing dengan kemungkinan agresi, kucing berperingkat lebih tinggi mungkin pergi ke lokasi yang lebih tinggi untuk menunjukkan status dan seringkali cukup untuk menggagalkan perkelahian.

4. Di luar jangkauan

Jika kucing tinggal di rumah dengan anak kecil atau anjing, kemampuan untuk mundur ke tempat yang tinggi adalah cara terbaik untuk menyendiri. Sikap ini juga menandakan jika mereka ingin menyendiri dan tidak ingin diganggu.

5. Tempat pengamatan

Untuk kucing dalam ruangan, tempat bertengger atau pohon kucing yang terletak di dekat jendela adalah tempat yang sempurna untuk mengawasi aktivitas mangsa potensial yang terjadi di luar ruangan.

Untuk kucing luar, tempat bertengger yang ditinggikan, apakah itu cabang pohon atau atap gudang, memberinya tempat yang aman untuk memindai mangsa secara visual.

 



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X