Kompas.com - 21/06/2021, 23:29 WIB
Ilustrasi anjing, menyisir bulu anjing. SHUTTERSTOCK/GOODLUZIlustrasi anjing, menyisir bulu anjing.

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan perawatan anjing yang ramah lingkungan memiliki tantangan tersendiri. Pasalnya, beberapa cara yang dilakukan atau produk yang digunakan terkadang tidak ramah lingkungan.

Saat memiliki anjing atau anak anjing, Anda harus menyimpan banyak persediaan makanan. Banyak di antaranya biasanya terbuat dari bahan yang tidak ramah lingkungan seperti plastik

Baca juga: Bolehkan Memberikan Makanan Anjing pada Kucing? Ini Aturannya

Namun, saat ini, produk hewan peliharaan yang ramah lingkungan semakin populer dan ini merupakan salah satu cara kecil Anda dan anjing Anda untuk membuat dunia sedikit lebih baik.

Dilansir dari laman Apartment Therapy, Senin, (21/6/2021), berikut ini lima cara melakukan perawatan anjing yang ramah lingkungan

Baca juga: 10 Ras Anjing yang Paling Pintar, German Shepherd hingga Pudel

Kemasan yang bisa didaur ulang

Terlepas dari makanan dan camilan apa yang dipilih, sebaiknya mencari kemasan yang dapat didaur ulang sehingga menghilangkan limbah konsumen yang tidak perlu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, jika memiliki ruang penyimpanan dan dana, lebih baik membeli kantong makanan anjing berukuran ekonomis atau lebih besar untuk menghemat uang, biaya pengiriman, sekaligus mengurangi jumlah limbah plastik. 

Baca juga: Tanda Anjing Kepanasan dan Cara Mengatasinya

Tempat tidur anjing

Banyak tempat tidur anjing tradisional yang terbuat dari busa atau bulu domba. Namun, ada banyak pilihan bahan ramah lingkungan yang cocok dengan dekorasi apa pun, termasuk  terbuat dari rami, bahan daur ulang, serta botol plastik daur ulang.

Misalnya, Avocado menggunakan kayu reklamasi untuk membuat tempat tidur kayu buatan tangan lengkap dengan kasur biodegradable dan sabut kelapa. Tempat tidur ini tersedia untuk ukuran anjing kecil dan besar. 

Baca juga: 7 Ras Anjing yang Tidak Bisa Berenang

Tas kotoran

Menurut Live Science, anjing di Amerika Serikat menghasilkan sekitar 10,6 juta ton kotoran setiap tahun. Jumlah ini sangat besar, terlebih banyak pemilik anjing mengambil kotoran anjing mereka menggunakan kantong plastik, kemudian membuangnya ke tempat sampah.

Membersihkan kotoran anjing tidak hanya menghilangkan kotorannya agar tidak tersebar, tetapi juga melindungi lingkungan. 

Baca juga: Apakah Semua Anjing Bisa Berenang? Ini Cara Melatihnya

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X