Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Ikan Cupang Tidak Boleh Dipelihara di Wadah Kecil? Ini Sebabnya

Kompas.com - 22/06/2021, 10:42 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikan cupang terkenal dengan ikan agresif namun cukup mudah untuk dirawat. Bahkan sebagian orang meletakkan ikan cupang di dalam vas kaca atau wadah kaca kecil.

Namun, apakah sebenarnya memelihara ikan cupang di wadah kaca atau vas kecil itu merupakan tempat tinggal terbaik mereka?

Dilansir dari The Spruce Pets, Selasa (22/6/2021), sayangnya vas atau wadah kaca kecil lainnya merupakan tempat yang kurang sehat bagi ikan cupang, karena ada beberapa alasan seperti berikut ini.

Baca juga: Mengapa Ikan Cupang Suka Bertarung?

Peralatan akuarium yang tidak memadai

Alasan pertama mengapa memelihara ikan cupang di dalam wadah kaca kecil tidak baik adalah tidak memadai peralatan akuarium seperti pompa, serta filter di dalamnya.

Jika ada sebagian orang yang ingin menyamakan dengan tempat tinggal di alam liar, hal tersebut hal yang salah.

Memang benar bahwa di alam liar, ikan cupang hidup di perairan dangkal, terutama sawah, dan rawa-rawa. Namun, perairan tersebut mewakili sistem ekologi lengkap yang tidak dapat ditiru oleh vas kecil.

Suhu air

Suhu air dalam vas atau wadah kaca kecil adalah masalah lainnya, sebab ketika ikan cupang dipelihara di dalamnya wadah kecil, mereka akan merasa lebih lesu karena suhu air yang rendah.

 

Baca juga: 6 Tanda Ikan Cupang Sudah Berusia Tua

Ikan cupang terbiasa dengan iklim tropis, yang berasal dari negara-negara seperti Thailand, di mana iklimnya panas dan lembap sepanjang tahun. Suhu air yang ideal untuk Betta adalah sekitar 80 derajat Fahrenheit.

Tanpa pemanas, air dalam vas akan terlalu dingin. Meskipun cupang dapat bertahan hidup pada suhu yang lebih rendah, ketika air terlalu dingin, mereka menjadi lesu dan bahkan mungkin menolak untuk makan.

Pernapasan ikan cupang

Seperti ikan lainnya, ikan cupang mengambil oksigen dari air. Namun, ikan cupang juga memiliki organ khusus yang memungkinkannya menghirup udara langsung dari permukaan air.

Organ inilah yang memungkinkan cupang hidup di air yang memiliki sedikit oksigen.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com