Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/06/2021, 11:56 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Pethelpful

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama dengan manusia, seiring berjalannya waktu, ikan cupang juga mengalami penuaan. Ikan cupang umumnya bisa bertahan hidup dua hingga lima tahun, tergantung bagaimana perawatannya.

Ikan cupang yang dirawat dan diberikan makan sesuai dengan nutrisinya akan memiliki umur panjang. Sebaliknya, ikan cupang yang tidak dirawat dengan baik, berisiko besar mengalami kematian sebelum usia maksimalnya. 

Baca juga: 4 Cara Menyembuhkan Ekor Ikan Cupang yang Rusak

Selain itu, memasuki fase penuaan, ikan cupan akan menunjukkan tanda-tanda penuaan. Dilansir dari Pethelpful, Minggu (20/6/2021), secara bertahap, selama rentang tiga hingga delapan bulan, ada beberapa tanda penuaan yang ditunjukkan ikan cupang ketika memasuki fase tuanya.

Namun, jika dalam beberapa hari tanda ini muncul, kemungkinan besar itu adalah akibat dari suatu penyakit yang sering kali disebabkan oleh kondisi air yang buruk. Nah, berikut ini beberapa tanda ikan cupang tua

Baca juga: 5 Pilihan Pakan yang Baik untuk Warna dan Sirip Ikan Cupang

Warna memudar

Seiring bertambahnya usia, warna rambut manusia akan memudar. Begitu juga dengan sisik ikan cupang. Sisik biru yang dulu cerah dapat perlahan berubah menjadi cokelat atau abu-abu seiring waktu. 

Berhenti membuat sarang gelembung 

Beberapa ikan cupang yang sehat dan masih muda membuat sarang gelembung setiap beberapa minggu dengan harapan seekor betina akan datang dan kawin dengan mereka.

Baca juga: Apakah Bisa Memelihara Banyak Ikan Cupang di Dalam Satu Wadah? 

Namun, ketika melewati usia paruh baya, ikan cupang akan mengalami penurunan dorongan seks sehingga tidak akan membuat sarang gelembung lagi.

Sering tidur siang 

Sama dengan ikan lainnya, ikan cupang juga bisa tidur dan cupang yang tua akan sering tidur siang. Jika Anda melihat  ikan cupang peliharaan berdiam diri, artinya binatang air itu sedang tertidur.  

Baca juga: Ikan Cupang Suka Berkelahi? Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya

Sirip usang 

Sirip ikan cupang yang awalnya indah dan sempurna akan terlihat compang-camping, melengkung, dan menipis. Seperti rambut yang mengalami kerontokan seiring pertambahan usia, sirip ikan cupang tua bisa menjadi usang serta berkurang seiring waktu.

Namun, bila sirip ikan rontok bukan karena penyakit atau usia tua, mungkin bisa disebabkan  pH air. Sebab, air yang lebih keras cenderung membuat ujung sirip melengkung.  

Baca juga: Beragam Penyebab Warna Ikan Cupang Memudar

Memiliki titik putih yang muncul dan hilang

Tanda ikan cupang tua selanjutnya adalah munculnya titik putih misterius ini di wajah cupang dan seminggu kemudian akan hilang dengan sendirinya.

Seiring bertambahnya usia ikan cupang, titik putih ini akan terus muncul dan menghilang lebih sering di berbagai bagian kepalanya.  

Baca juga: Cerahkan Warna Ikan Cupang dengan Makanan Ini

Tubuh kurus 

Meski sudah makan seperti biasanya, ikan cupang akan kurus saat memasuki fase tuanya. Nafsu makannya mulai berkurang, tetapi ini tidak selalu terjadi,

Tak heran, sebagian besar ikan cupang yang sudah tua akan memiliki tubuh lebih kecil dan kurus. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Pethelpful
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com