Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/06/2021, 14:15 WIB
Lolita Valda Claudia,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Tanaman sage merupakan jenis tanaman rempah asli Mediterania dan masih satu keluarga dengan tanaman rempah lainnya seperti oregano, lavender, rosemary, thyme, dan basil atau kemangi. 

Selain itu, tanaman ini memiliki daun berwarna abu-abu kehijauan dan bunga berwarna biru, ungu, putih, hingga merah muda atau pink

Baca juga: Simak, Cara Menanam Tanaman Sage di Dalam Ruangan Pakai Pot

Bunga dan daun tanaman sage dapat dimakan maupun dijadikan campuran dalam berbagai masakan juga pengobatan tradisional. Setidaknya, ada lebih dari 900 spesies tanaman sage yang tersebar di seluruh dunia.

Tak hanya digunakan sebagai penambah cita rasa masakan, sage juga dikenal memiliki sejarah panjang sebagai obat untuk penyakit gangguan mental hingga masalah pencernaan.

Melansir dari berbagai sumber, Minggu (20/6/2021), berikut ini manfaat tanaman sage bagi kesehatan. 

Baca juga: 4 Pilihan Warna yang Cocok Dipadukan dengan Sage Green

Pengobatan alzheimer

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan spesies tanaman sage dapat memberikan dampak positif pada kognitif dan melindunginya dari gangguan neurologis.

Penelitian lain menunjukkan sage dapat meningkatkan daya ingat pada orang dewasa yang sehat dan pengobatan alzheimer. 

Baca juga: Manfaat Baking Soda untuk Tanaman dan Cara Menggunakannya

Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui manfaat tanaman sage untuk pengobatan alzheimer, khususnya spesies Salvia officinalis (S. officinalis) dan S. lavandulaefolia.

Menurunkan glukosa darah dan kolesterol

Sebuah studi yang melibatkan 40 orang penyitas diabetes dan kolesterol tinggi meminta peserta mengonsumsi ekstrak tanaman sage selama tiga bulan secara rutin.

Walhasil, kadar glukosa dan kolesterol peserta menurun. Selain itu, peserta juga mengalami meningkatkan kolesterol baik.

Baca juga: 5 Manfaat Daun Kale untuk Kesehatan

Uji klinis double-blind lainnya juga dilakukan pada 80 orang dengan diabetes tipe 2. Hasilnya ditemukan bahwa mengonsumsi ekstrak tanaman sage menyebabkan efek positif pada kadar gula darah.

Setelah dua jam puasa, kadar gula darah pada individu yang mengonsumsi ekstrak sage secara signifikan menurun dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi ekstrak sage.

Baca juga: 5 Manfaat Bunga Kaca Piring bagi Kesehatan

Antioksidan tinggi

Tanaman sage merupakan salah satu tanaman herbal dan rempah yang mengandung antioksidan tinggi. Diketahui, dalam daun sage, mengandung 160 polifenol atau antioksidan yang berbeda.

Tak hanya itu, sage juga mengandung senyawa lainnya yang baik untuk kesehatan seperti asam klorogenat, asam kafeat, asam rosmarinic, dan asam ellagic. Senyawa tersebut bahkan dapat mencegah kanker dan meningkatkan fungsi otak.

Baca juga: Ragam Manfaat Kopi untuk Sejumlah Area di Rumah

Menyehatkan Mulut

Manfaat tanaman sage bagi kesehatan lainnya adalah menyehatkan mulut. Tanaman sage  berperan baik dalam membunuh bakteri pada mulut sekaligus mencegah plak gigi.

Dalam sebuah riset, obat kumur yang mengandung ekstrak tanaman sage di dalamnya terbukti lebih ampuh membasmi bakteri penyebab gigi berlubang, Streptococcus mutans.

Baca juga: Beragam Manfaat Pupuk Gandasil B untuk Tanaman

Sementara itu, penelitian lainnya mengungkapkan bahwa sage juga berkhasiat mengobati infeksi tenggorokan, abses gigi, infeksi gus, hingga sariawan.

Mencegah dan mengobati diare

Selain manfaat di atas, manfaat tanaman sage lainnya adalah ampuh mencegah seklaigus mengobati diare.

Untuk memanfaatkannya, daun sage bisa langsung dikonsumsi. Hal ini karena daun sage memiliki kandungan yang dapat menenangkan usus sehingga mengurangi gejala diare. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com