Kompas.com - 18/06/2021, 11:22 WIB
Ilustrasi tanaman sage, daun sage. PIXABAY/WOLFGANG ECKERTIlustrasi tanaman sage, daun sage.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman sage (Salvia officinalis) umumnya digunakan untuk menjadi penyedap masakan. Sage memiliki aroma yang kuat, sehingga ia masih masuk dalam keluarga rosemary, basil, oregano, dan tanaman herbal lainnya.

Dilansir dari Gardening Know How, Jumat (18/6/2021), tanaman ini biasanya dapat hidup di luar ruangan. Namun, perawatan yang baik di dalam pot, memungkinkan tanaman beraroma khas ini dapat diletakkan di dalam ruangan.

Bagaimana cara menanam sage di dalam pot? Berikut ulasannya.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Herbal di Dalam Ruangan agar Tumbuh Subur

Paparan sinar matahari

Merawat tanaman sage di dalam pot tidaklah terlalu sulit, ketika Anda memahami bahwa berapa banyak sinar matahari yang diperlukan untuk pertumbuhannya.

Oleh karena itu, jendela yang cerah dengan beberapa jam sinar matahari adalah awal yang baik setiap kali Anda menanam tanaman ini di dalam pot.

Namun kemungkinan besar, jendela yang cerah tidak akan memberikan cukup cahaya bagi tanaman sage pot untuk tumbuh subur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh karena itu, pencahayaan tambahan dapat memperbaiki situasi dan seringkali diperlukan untuk perawatan tanaman sage di pot.

Baca juga: 5 Cara Menanam dan Merawat Tanaman Herbal untuk Pemula

Sebab, sage membutuhkan enam hingga delapan jam sinar matahari penuh setiap hari. Jika jendela Anda tidak memberikan cukup sinar matahari, gunakan lampu neon saat menanam sage di dalam ruangan.

Tempatkan sage dalam pot ini setidaknya 5 inci (13 cm) dari cahaya, tetapi tidak lebih jauh dari 15 inci (38 cm). Jika cahaya buatan saja digunakan saat menanam sage dalam wadah, berikan 14 hingga 16 jam setiap hari.

Tanah dan dranaise

Tanaman sage akan tumbuh dengan subur ketika diberikan tanah yang subur dan media pot harus memiliki drainase yang baik. Untuk menanam sage, pot tanah liat bisa menjadi pilihan yang baik, karena dapat membantu drainase.

Sebagai bagian dari perawatan herbal di dalam pot, Anda harus menyimpan tanaman di tempat yang hangat, jauh dari angin, pada suhu sekitar 21 derajat celcius. Berikan kelembapan saat menanam sage di dalam ruangan, dengan nampan kerikil atau pelembap udara di dekatnya.

 

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X