Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menurut Chef, 5 Benda Ini Tidak Boleh Ada di Dapur

Kompas.com - 18/06/2021, 09:25 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hanya karena Anda bukan seorang chef alias juru masak profesional, bukan berarti Anda tidak bisa memiliki dapur yang sesuai dengan standar para profesional.

Dengan begitu banyak perlengkapan masak dan peralatan elektronik untuk memasak di pasaran, lemari dan meja dapur mudah menjadi lebih penuh dari sebelumnya. Kemungkinannya adalah, Anda membeli atau memiliki hal yang tidak dibutuhkan atau sebenarnya berbahaya bagi kesehatan.

Dilansir dari Apartment Therapy, Jumat (18/6/2021), menurut Sohui Kim, chef dan pemilik restoran Insa di Brooklyn, New York, AS, ada beberapa benda yang sebaiknya tidak ada di dapur Anda. Benda ini bisa jadi kotor atau sudah tidak layak pakai.

Baca juga: Cara Mendekorasi Dapur Berdasarkan Zodiak

1. Spons cuci piring yang sudah kotor

Jujur, seberapa sering Anda mengganti spons cuci piring? Jika Anda menjawab setiap beberapa bulan sekali, maka ada banyak bakteri yang bersarang di spons cuci piring tersebut.

Ilustrasi spons cuci piring. PIXABAY/HANS BRAXMEIER Ilustrasi spons cuci piring.

"Spons yang kotor adalah tempat penyebaran kuman," Kim memperingatkan.

Kenyataannya adalah Anda harus mengganti spons setiap beberapa minggu dan membersihkannya secara teratur dengan air panas dan pemutih di antaranya. Intinya, kata Kim, buang spons cuci piring bila sudah mengeluarkan bau.

2. Pisau tumpul

Pisau tumpul membuat persiapan memasak lebih sulit dari yang seharusnya. Belum lagi, pisau tumpul adalah bahaya keamanan yang nyata.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Minyak di Dapur

"Lebih berbahaya bekerja dengan pisau tumpul daripada dengan pisau tajam," ujar Kim.

Alih-alih membuang pisau tumpul Anda, Kim menyarankan untuk mengasahnya. Cara ini lebih efisien dan akan menghemat uang Anda dalam jangka panjang.

3. Peralatan memasak di meja dapur yang tidak rutin digunakan

Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa kunci dapur ideal yang disetujui para chef adalah tidak memiliki peralatan paling keren dan paling mewah yang dipamerkan. Faktanya, ketika berbicara tentang dapur profesional, lebih sedikit selalu lebih baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com