Kompas.com - 18/06/2021, 15:30 WIB
Ilustrasi daun kale UNSPLASH/Yoksel Ilustrasi daun kale

JAKARTA, KOMPAS.com - Kale merupakan salah satu sayuran yang kaya nutrisi dan menyehatkan. Kale memiliki serat dan senyawa yang berkhasiat sebagai obat serta menyembuhkan berbagai penyakit.

Kale masih satu keluarga dengan sayuran kubis dan merupakan sayuran hasil persilangan seperti kubis, brokoli, dan kembang kol. Selain hijau, kale ada juga yang berwarna ungu dengan tekstur daun yang halus dan keriting.

Baca juga: 5 Manfaat Bunga Kaca Piring bagi Kesehatan

Kale mengandung vitamin A, vitamin K, vitamin C, vitamin B6, mangan, kalsium, tembaga, kalium, magnesium, vitamin B1, vitamin B2, karbohidrat, dan protein.

Mengingat kandungan kalorinya yang rendah, kale menjadi salah satu sayuran yang paling bernutrisi sehingga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Melansir dari Healthline, Kamis (17/6/2021), berikut ini manfaat daun kale untuk kesehatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Ragam Manfaat Kopi untuk Sejumlah Area di Rumah

Kaya antioksidan 

Seperti sayuran berdaun hijau lainnya, kale sangat tinggi antioksidan, termasuk beta-karoten vitamin C, flavonoid, dan polifenol.

Antioksidan adalah zat yang membantu menangkal kerusakan oksidatif oleh radikal bebas di dalam tubuh. Kerusakan oksidatif diyakini menjadi salah satu pendorong utama penuaan dan penyakit berbahaya lainnya, termasuk kanker.

Baca juga: Beragam Manfaat Pupuk Gandasil B untuk Tanaman 

Zat quercetin dan kaempferol dapat melindungi jantung, menurunkan tekanan darah, anti-inflamasi, antivirus, antidepresan, dan antikanker yang kuat.

Sumber vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan penting yang larut dalam air dan berperan penting untuk organ vital dalam sel-sel tubuh.

Misalnya, diperlukan untuk sintesis kolagen. Dalam hal ini, daun kale mengandung vitamin C sekitar 4,5 kali lipat lebih banyak dibanding sayuran hijau lainnya.

Baca juga: 5 Manfaat Daun Kari untuk Kesehatan, Bisa Melawan Kanker Payudara

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Healthline
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X