Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/06/2021, 12:37 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber home guide

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi adalah ruang yang sangat berpotensi dipenuhi kuman dan bakteri di dalam rumah.

Hal ini tak lain karena kamar mandi sering digunakan dan merupakan area paling lembap. Tak heran, menjadi tempat yang sangat ideal untuk pertumbuhan bakteri dan kuman

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Kerak di Keramik Kamar Mandi

Seperti dilansir dari Home Guides, Minggu (20/6/2021), ada banyak jenis kuman dan bakteri yang berkumpul di kamar mandi. Bahkan, area tersebut kerap disentuh tangan seperti gagang pintu dan tombol flush kloset. 

Artinya, benda atau area tersebut perlu sering dibersihkan, terutama jika ada seseorang yang sedang sakit di rumah. Nah, berikut ini cara menjaga kebersihan kamar mandi agar bebas kuman dan bakteri. 

Baca juga: 6 Ide Desain Kamar Mandi Ramah Anak

Semprotkan disinfektan di keran dan tombol flush 

Area yang sering disentuh tangan menyimpan banyak kuman dan bakteri, terutama jika banyak orang menggunakan kamar mandi yang sama.

Untuk membersihkannya, semprotkan cairan disinfektan pada berbagai permukaan yang sering tersentuh tangan seperti gagang pintu, keran, serta tombol flush kloset. Lakukan ini setiap hari untuk mencegah kuman dan bakteri berkembang. 

Baca juga: 5 Cara Menjaga Cat Kamar Mandi Tidak Cepat Mengelupas dan Tahan Lama

Perawatan shower dan bak mandi 

Pancuran atau shower, bak mandi atau bathup, dan pintu pancuran kaca dapat mengembangkan penumpukan mineral dan buih sabun.

Rawat area ini dengan menyemprotkan cuka putih yang telah dimasukkan ke botol semprot. Cuka dapat membantu memecah mineral serta membunuh bakteri. Kemudian, bersihkan area  dengan spons basah.

Untuk pembersihan mendalam, gunakan pembersih kamar mandi disinfektan dan spons basah yang lembut untuk menyeka semua permukaan, dari atas hingga bawah. Setelah itu, bilas dengan air bersih untuk membersihkannya. 

Baca juga: Tips Membersihkan Pintu Kaca Pada Kamar Mandi 

Bersihkan wastafel setiap hari

Tisu disinfektan yang mengandung agen antimikroba alami dapat menghilangkan bakteri dari permukaan kamar mandi seperti keran, wastafel, dan gagang pintu.

Namun, tisu ini tidak boleh digunakan kembali untuk benda lainnya, bahkan di ruangan yang sama, karena dapat menyebarkan bakteri.

Menggunakan satu lap di satu area seperti wastafel dan satu lagi di gagang pintu adalah cara terbaik menyingkirkan bakteri. 

Baca juga: Trik Membersihkan Wastafel Cuci Piring yang Bernoda Karat

Namun, perlu diperhatikan adalah wastafel dapat menarik banyak bakteri dan harus dibersihkan atau disemprot dengan semprotan disinfektan setiap hari untuk hasil optimal. 

Perawatan kloset 

Cara menjaga kebersihan kamar mandi selanjutnya adalah rutin membersihkan kloset. Untuk membersihkannya, dapat menggunakan cuka. Cairan putih ini dapat membersihkan dan menghilangkan bau pada kloset. 

Baca juga: Kloset Bau Pesing? Ini Trik Membersihkannya

Caranya, semprotkan cuka di sekeliling bagian kloset, lalu tuangkan kira-kira 2/3 cangkir cuka ke dalam mangkuk kloset, dan diamkan selama minimal 15 menit sebelum disiram.

Setelah itu, gosok kloset menggunakan sikat kloset hingga bersih dan bilas dengan air sampai  kotoran atau noda menghilang. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber home guide
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com