Kompas.com - 20/06/2021, 10:01 WIB
Ilustrasi tanaman hias di dalam ruangan. PEXELS/TIIA PAKKIlustrasi tanaman hias di dalam ruangan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya memberikan nuansa teduh dan menyegarkan ruangan, menanam tanaman di dalam ruangan, dapat memberi manfaat lainnya, salah satunya memanen dan menggunakan tanaman untuk kebutuhan.

Tanaman herbal dapat menjadi salah satu pilihan yang dapat dirawat di dalam ruangan. Dilansir dari Architecturaldigest, Minggu (20/6/2021), hal pertama yang harus dilakukan ketika ingin merawat tanaman herbal di dalam ruangan adalah memilih varietasnya. 

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Herbal di Dalam Ruangan agar Tumbuh Subur

Pilih varietas sesuai dengan kebutuhan dan selera, bukan keindahannya. Rosemary, basil, peterseli, dan mint thyme dapat menjadi beberapa pilihannya. Untuk tanaman herbal tumbuh subur, berikut tips merawat tanaman herbal di ruangan. 

Letakkan di dekat jendela

Tanaman herbal memerlukan paparan sinar matahari langsung untuk tumbuh subur. Untuk itu, letakkan tanaman di dekat jendela sehingga mendapat setidaknya empat jam sinar matahari setiap hari. 

Baca juga: 5 Cara Menanam dan Merawat Tanaman Herbal untuk Pemula

Gunakan pot gantung

Jika ambang jendela terlalu sempit dan tanaman membutuhkan banyak cahaya, letakkan tanaman herbal di pot gantung. Pilihan lainnya adalah menggantungnya di bingkai jendela, yang biasanya diletakkan di luar. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gunakan terrarium tanaman

Jika takut hewan peliharaan merusak tamanan, letakkan tanaman di terarium transparan sehingga dapat diletakkan di atas meja dan akan terlihat bagus di interior. 

Baca juga: Bisakah Tanaman Herbal dan Tanaman Hias Hidup Tanpa Tanah?

Kombinasikan 

Dalam tanaman herbal, rasa itu penting, tetapi ini tidak berarti bahwa Anda tidak dapat bereksperimen dengan kombinasi varietas.

Hal ini juga akan memainkan peran dekoratif di ruang Anda. Untuk kombinasi, Anda bisa menanam basil di sebelah thyme dan sage ungu di sebelah geranium beraroma. 

Baca juga: Bisakah Tanaman Herbal dan Tanaman Hias Hidup Tanpa Tanah?

Pilih varietas ringkas 

Pilih tanaman herbal yang terlihat rapi dan memakan sedikit ruang seperti basil, oregano, mint Inggris, juga rosemary. 

Berikan ruang 

Tanaman herbal dapat ditanam dalam pot terpisah atau dalam wadah umum, tetapi yang utama adalah harus cukup ruang untuk pertumbuhan dan sirkulasi udara.

Misalnya, lebih baik menanam mint secara terpisah karena tanaman ini dapat tumbuh cukup cepat.  

Baca juga: 8 Tanaman Herbal yang Harum, Cocok di Pekarangan atau di Dalam Rumah

Lindungin furnitur

Tips merawat tanaman herabl di dalam ruangan selanjutnya adalah memperhatikan furnitur yang ada di ruangan.

Sebagian besar pot dilengkapi dengan piring khusus dan pastikan furnitur atau ambang jendela tetap kering. Jika tidak, tanaman dapat berisiko merusaknya dengan air yang mungkin merembes dari pot. 

Baca juga: Harus Tahu, Ini 5 Tanaman Herbal yang Dibenci Kecoak

Periksa kondisi tanaman

Periksa tanah dengan jari sebelum menyiramnya. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui apakah tanah sudah kering atau masih basah dan tanaman belum perlu disiram lagi.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X