Kompas.com - 13/05/2021, 19:51 WIB
Ilustrasi tanaman akuariuam Unsplash.com/Daniel CorneschiIlustrasi tanaman akuariuam

JAKARTA, KOMPAS.com- Tanaman hias di dalam akuarium tak hanya berfungsi sebagai dekorasi, tapi beberapa di antaranya juga bisa dipakai sebagai filter penjernih air.

Bagaimana cara tanaman hias dalam menjernihkan air di akuarium? Beberapa tanaman hias bekerja dengan menyerap nutrisi dari air dan mencegah pertumbuhan alga sambil menyediakan ruang persembunyian untuk benih dan ikan. 

Baca juga: Cara Membuat Kolam Ikan Sendiri di Area Taman Rumah

Meskipun tak semua tanaman hias air tawar memiliki fungsi tersebut, setidaknya ada lima macam tanaman hias yang berfungsi sebagai penjernih air.

Bahkan, kamu juga bisa memilih jenis tanaman hias yang hidup di dasar air atau yang mengambang tergantung tata letak akuarium dan desain yang diinginkan.

Melansir dari Aquariumnexus, Kamis (13/05/2021) berikut ini lima tanaman hias yang dapat menjernihkan air akuarium.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 5 Jenis Ikan Hias Akuarium dengan Perawatan Mudah untuk Pemula

Duckweed

Duckweed bertahan hidup dengan memakan nutrisi dalam air seperti nitrogen dan fosfat sehingga kualitas air di dalam akuarium tetap terjaga. 

Tanaman hias ini akan tumbuh subur di dalam akuarium yang memiliki zat-zat organik dan menghambat laju pertumbuhan alga sehingga air tetap jernih. 

Baca juga: 10 Jenis Tanaman Hias Daun Merah yang Eksotis

Namun, perlu diketahui bahwa duckweed adalah jenis tanaman air yang mengapung sehingga kamu perlu memperhatikan jumlahnya. Jangan sampai duckweed menutupi bagian atas akuarium karena akan menghalangi cahaya masuk ke akuarium dan tidak baik untuk ikan jenis tertentu.

Tanaman ini kaya akan protein dan sejumlah spesies ikan seperti ikan koi juga ikan mas bisa menjadikan tanaman ini sebagai makanan mereka.

Baca juga: 5 Pilihan Jenis Ikan yang Dapat Hidup Dalam Satu Akuarium

Amazon Frogbit

Ilustrasi tanaman akuariuamUnsplash.com/Huy Phan Ilustrasi tanaman akuariuam

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X