Kompas.com - 13/05/2021, 17:48 WIB
Ilustrasi membersihkan kompor gas. parenting.firstcry.comIlustrasi membersihkan kompor gas.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur adalah salah satu ruangan paling sibuk di rumah karena di area ini sebagian besar kegiatan dilakukan seperti memasak, mencuci piring, dan makan.

Namun, dapur juga dapat menjadi tempat yang menyimpan racun secara sembunyi, yang dapat mengancam kesehatan. Banyak benda-benda dan produk yang digunakan di dapur dapat menimbulkan risiko kesehatan pada tingkat tertentu. 

Baca juga: Tanpa Disadari, 6 Benda di Rumah Ini Bisa Mendatangkan Penyakit

Lantas, benda di dapur apa saja itu? Nah, berikut ini barang dan produk di dapur yang bisa mengancam kesehatan dilansir dari laman The Healthy, Kamis (13/5/2021). 

Pembersih Serbaguna

Pembersih serbaguna membantu kegiatan bersih-bersih di rumah lebih ringan. Pembersih serbaguna mampu membersihkan berbagai permukaan di dapur dengan mudah. 

Baca juga: 7 Benda di Rumah yang Sebaiknya Dibersihkan dengan Garam

Sayangnya, banyak dari produk pembersih yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti 2-Butoxyethanol dan glikol eter.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Kelompok Kerja Lingkungan, kandungan ini dapat menyebabkan berbagai penyakit iritasi kulit dan sakit tenggorokan bila terhirup. Bahkan, bisa berdampak risiko kesehatan yang lebih serius seperti kerusakan hati dan ginjal

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Noda Spidol Permanen pada Benda-benda di Rumah

"Semua bahan kimia ini dapat memiliki efek samping negatif jika tertelan atau terhirup dan berpotensi komplikasi dari iritasi kulit hingga kerusakan organ," kata Becky Turpin, Direktur Keamanan Rumah dan Komunitas di Dewan Keamanan Nasional atau National Safety Council, Amerika Serikat. 

Pemutih

Pemutih adalah bahan pokok rumah tangga, tetapi pemutih juga zat berbahaya yang dapat menyebabkan iritasi kulit, masalah pernapasan, bahkan kematian. Pemutih juga bisa merusak keran dan permukaan dapur. 

Baca juga: 5 Bahan Pengganti Pemutih untuk Mencuci Pakaian, Apa Saja?

“Digunakan dengan benar, pemutih sangat bagus untuk disinfektan, tetapi biasanya merupakan salah satu bahan kimia paling berbahaya di rumah,” ucap Rick Sachleben, ahli dari American Chemical Society.

Risiko terbesar yang ditimbulkan bila pemutih dicampur dengan amonia. Ketika dicampur, pemutih dan amonia bereaksi membentuk kloramin yang dapat menguap ke udara.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X