Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/02/2021, 10:06 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah menyiapkan akuarium dan meletakkan substrat (kerikil) di bagian bawah akuarium bersama dengan pernak-pernik dekorasi, sekarang saatnya kamu menambahkan air untuk ikan cupangmu.

Air untuk ikan cupang menjadi salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan untuk proses kehidupannya, sehingga tidak boleh sembarang air dimasukkan ke dalam akuarium ikan cupang.

Air harus memiliki suhu tertentu, nilai pH, tingkat dH, dan lain-lain, untuk memastikan ikan cupangmu berada di lingkungan yang akan membantunya berkembang.

Baca juga: Penyebab Ikan Cupang Berenang Secara Vertikal atau Berdiri

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai kualitas air untuk menjaga kesehatan ikan cupang, dilansir dari beberapa sumber, Selasa (9/2/2021).

Suhu

Habitat alami seekor ikan cupang terdiri dari air sangat hangat, air yang tergenang. Penting bagimu untuk mencoba meniru lingkungan ini sebanyak mungkin.

Oleh karena itu, suhu air akuarium harus selalu antara 24,5 dan 27,5 derajat celcius. Jika suhunya turun di bawah suhu tersebut, ikan cupang bisa merespons dengan menjadi tidak aktif dan kehilangan nafsu makan.

Jika kamu tidak memperbaiki kondisinya, lama kelamaan ikan cupangmu akan sakit dan bahkan bisa mati.

Baca juga: Hati-hati, Ikan Cupang Juga Bisa Alami Sembelit

Terkait air untuk ikan cupang, yang paling penting adalah penyaringan air yang tepat, yang membantu menjaga suhu ideal untuk ikan cupangmu.

Ketika kondisi suhu sempurna, ikan cupang yang kamu pelihara akan menjadi lucu, makan dengan lahap, dan menunjukkan warna cemerlang pada tubuhnya.

Konsistensi adalah kuncinya. Hal ini dapat dilakukan dengan pemanas yang baik untuk akuarium ikan cupangmu dan kamu harus memeriksanya dengan termometer secara teratur.

Saat menambahkan air baru ke akuarium, pastikan air baru memiliki suhu yang sama dengan tempat ikan cupangmu berenang sekarang. Perubahan suhu yang tiba-tiba dapat membuat ikan cupang shock.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com