Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Alasan Perlu Memasukkan Akuarium ke Dalam Rumah

Kompas.com - 12/02/2021, 09:33 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meletakkan akuarium ke dalam rumah dan memasukkan ikan ke dalamnya adalah salah satu bagian dari dekorasi, sekaligus kegiatan memelihara hewan peliharaan bagi pemilik rumah.

Kamu mungkin sudah sering mendengar bahwa meletakkan akuarium yang berisi ikan di rumah memiliki banyak manfaat dan dianggap sebagai hal yang baik, lalu kenapa tidak kamu lakukan jika belum?

Akuarium di rumah menarik energi yang melimpah. Dalam budaya Tionghoa, ikan merupakan simbol keberlimpahan dalam karena dapat hidup berkelompok dan dapat berkembang biak dengan cepat.

Baca juga: Ketahui Kualitas Air Akuarium untuk Kesehatan Ikan Cupang

Selain itu, ikan yang dipelihara di air, juga dipandang sebagai simbol kelimpahan dan kontinuitas, sehingga cukup banyak manfaat baik yang bisa didapat penghuni rumah.

Dilansir dari beberapa sumber, Jumat (12/2/2021) setidaknya 10 alasan baik mengapa kamu harus memelihara akuarium di dalam rumah.

1. Membuat rileks dan menghilangkan stres

Ikan dikenal bisa menenangkan dan membuat rileks. Memiliki ikan di rumah akan meningkatkan relaksasi seperti itu dan akan menenangkan pikiran semua orang dan akan memastikan suasana yang sehat dan bahagia.

Setiap kali kamu merasa stres atau tegang, cukup amati ikan di akuarium yang kamu miliki, dan kamu akan segera merasakan relaksasi.

Baca juga: Manfaat Memelihara Ikan, Usir Stres hingga Turunkan Tekanan Darah

Menurut Allan Schwartz, LCSW, Ph.D, akuarium memiliki kemampuan untuk mengurangi stres dan kecemasan dengan menghadirkan efek menenangkan dari alam langsung ke dalam rumah.

Schwartz menekankan bahwa efek akuarium memiliki efek menenangkan serupa yang kita alami saat kita mendengarkan suara ombak laut, badai hujan, dan aliran sungai yang memesona sekaligus menenangkan.

2. Peningkatan kualitas tidur

Mengawasi akuarium ikan milikmu sebelum tidur dapat membantu menenangkan tubuh dan pikiranmu agar tertidur, sehingga kamu tidak perlu menghabiskan setengah malam untuk merasa cemas karena kesulitan tidur.

Jika akuarium ikan milikmu berada di dalam kamar tempat kamu tidur, ini juga dapat menimbulkan derau putih untuk membantumu tertidur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com