Kompas.com - 10/02/2021, 08:01 WIB
Ilustrasi belajar di rumah. PEXELS/JULIA M CAMERONIlustrasi belajar di rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com — Dalam hal belajar, lingkungan yang baik sangatlah penting bagi anak-anak. Mereka harus belajar di ruang yang tenang dan memiliki ruang sendiri, jika memungkinkan.

Pemilihan warna dan furnitur juga harus diperhatikan, karena warna yang tepat akan membuat anak berenergi dan bersemangat.

Merancang ruang belajar anak bisa menjadi proyek yang menyenangkan, terutama bila kamu melakukannya bersama si kecil dan menyertakan masukan dari mereka.

Baca juga: Ide Menciptakan Ruang Belajar Ideal untuk Anak

Karena bagaimanapun nantinya mereka yang akan menghabiskan banyak waktu di ruang ini.

Selain itu, mendesain ruang belajar sendiri akan membuat anak merasa memiliki ruangan dan semakin tak sabar memakainya untuk belajar.

Selain pertimbangan anak, berikut adalah lima faktor yang perlu diperhatikan saat mendesain ruang belajar anak seperti dilansir dari Home and Decor, Rabu (10/2/2021).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Pastikan ada banyak ruang penyimpanan

Meskipun sekolah secara bertahap bergerak menuju pendekatan pembelajaran berbasis online, memiliki ruang untuk buku teks, publikasi dan alat tulis lain tetap merupakan suatu keharusan.

Baca juga: Ingin Dekorasi Ruang Belajar Anak? Perhatikan 6 Hal Ini Dulu

Meskipun sebagian besar meja belajar disertai dengan kotak dan laci penyimpanan, kamu bisa melengkapi kamar belajar anak dengan lemari dan rak lain yang berwarna cerah.

Ini juga membantu agar gadget dan mainan tidak terlihat, jadi gangguan lebih sedikit saat waktunya belajar.

2. Berikan ruang untuk kreativitas

Setiap anak membutuhkan ruang untuk mengekspresikan diri mereka sesuai minat dan bakatnya.

“Beri mereka ruang untuk mencorat-coret, bertukar pikiran, dan memasang pemberitahuan sekolah di papan laminasi magnetik,” saran Tony Tan, manajer komunikasi perusahaan Catalyste.

Atau, kamu juga bisa menghadirkan papan tulis, white board yang dilengkapi dengan kotak penyimpanan alat tulis.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X