Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Membersihkan Akuarium? Simak, Begini Caranya

Kompas.com - 11/12/2020, 18:32 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan akuarium menjadi salah satu cara untuk membuat ikan hias tetap bisa berkembang dan hidup dengan baik.

Sebab, jika keadaan akuarium kotor akan memengaruhi tumbuh kembang ikan dan bisa menyebabkan berbagai penyakit hingga kematian.

Dilansir dari The Spruce Pets, Jumat (11/12/2020), ada barang yang dibutuhkan untuk membersihkan akuarium, mulai dari pengikis atau bantalan alga, pemutih, pisau plastik untuk akuarium akrilik, vakum kerikil, ember, pembersih kaca, filter media, kuas filter, tisu, dan penghilang klorin.

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Akuarium

Membersihkan kaca bagian dalam

Mulailah dengan membersihkan kaca bagian dalam dengan bantalan alga. Ada berbagai jenis pengikis alga di pasaran, dari penggosok bergagang panjang hingga penggosok magnetis.

Untuk residu yang membandel pada kaca, gunakan silet untuk mengikisinya. Berhati-hatilah agar tidak melukai diri sendiri.

Jika akuarium Anda terbuat dari akrilik, gunakan silet plastik, karena pisau cukur standar akan menggores akrilik.

Membersihkan dekorasi dan batuan

Setelah kaca bagian dalam bersih, singkirkan bebatuan, tanaman buatan, dan dekorasi yang memiliki pertumbuhan alga yang signifikan atau terlihat kotor.

Baca juga: Bisakah Ikan Cupang Hidup Berdampingan di Akuarium yang Sama?

Jangan bersihkan dengan sabun atau deterjen. Sebab, sangat sulit untuk menghilangkan sabun sepenuhnya, bahkan sisanya pun bisa berbahaya bagi ikan.

Untuk masalah pembersihan yang sangat membandel, siapkan larutan pemutih 10 persen dan rendam selama 15 menit. Gosok residu yang tersisa, bilas dengan air mengalir, dan biarkan mengering untuk menghilangkan sisa pemutih.

Hindari memasukkan ikan sebelum bau klorin menghilang. Anda juga dapat membilasnya dengan air yang telah ditambahkan deklorinator (natrium tiosulfat) untuk menghilangkan klorin.

Tanaman hidup dapat dibersihkan dengan pemutih untuk menghilangkan alga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com